Makin Diminati Masyarakat, QRIS Raih Penghargaan

Yunike Purnama - Sabtu, 05 Agustus 2023 08:27
Makin Diminati Masyarakat, QRIS Raih PenghargaanQuick Response Code Indonesian Standard​ (QRIS) meraih penghargaan Indonesia Recognition of Excellence 2023 dari OpenGov Asia, di Jakarta pada Kamis, 3 Agustus 2023. (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia)

JAKARTA - Quick Response Code Indonesian Standard​ (QRIS) meraih penghargaan Indonesia Recognition of Excellence 2023 dari OpenGov Asia, di Jakarta pada Kamis, 3 Agustus 2023.

Diketahui, QRIS merupakan sistem pembayaran digital yang dikembangkan Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI).

Dikutip dari laman BI, Jumat 4 Agustus 2023, organisasi internasional OpenGov Asia menilai QRIS memiliki dampak terhadap transformasi digital yang bermanfaat bagi masyarakat. QRIS juga dianggap sebagai powerful tool yang dapat mendukung digitalisasi dan integrasi regional.

Berdasarkan data pada Juni 2023, QRIS telah mencapai 26,7 juta merchant, dengan 91,4% dari jumlah tersebut adalah UMKM. Selaras dengan perkembangan itu, jumlah transaksi QRIS sepanjang 2022 tercatat sebesar 1,03 miliar transaksi atau tumbuh sebesar 86% (year on year).

Penghargaan untuk QRIS dari OpenGov

Beragam fitur dan kemudahan penggunaan QRIS mendukung inklusi ekonomi dan keuangan digital serta konektivitas pembayaran antarnegara. Hal ini dinilai sangat menguntungkan pengguna maupun pedagang, khususnya di sektor UMKM.

Indonesia Recognition of Excellence 2023 merupakan ajang penghargaan untuk mengapresiasi lembaga dan organisasi sektor publik atau swasta yang telah mencapai keunggulan dalam menggunakan Information and Communication Technology (ICT) untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat luas.

Berdasarkan penilaian tersebut, OpenGov Asia memberikan penghargaan bagi sejumlah lembaga di beberapa negara ASEAN, Australia dan Selandia Baru yang telah memberikan kontribusi bagi masyarakat.

OpenGov Asia adalah sebuah organisasi di bidang konten atau relasi publik yang berbasis di Singapura. Organisasi ini menyoroti gagasan sektor publik yang berhasil menghadirkan solusi berbasis tekonologi bagi masyarakat di berbagai sektor seperti pemerintahan, kesehatan, pendidikan dan jasa keuangan.

Berkat penghargaan ini, kini BI bersanding dengan Kementerian lain yang menerima anugerah serupa, yaitu Kementerian Kesehatan dengan program “SatuSehat" dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Tekonologi dengan program “Rapor Pendidikan".

Diluncurkan Sejak 2019

QRIS merupakan salah satu bagian dari kerangka kerja Sistem Pembayaran Indonesia (BSPI) 2025, yang diluncurkan BI bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Dalam perkembangannya, QRIS telah memiliki berbagai fitur yang memudahkan pengguna dan pedagang atau merchant, antara lain QRIS Tanpa Tatap Muka (TTM) (2020), QRIS Consumer Presented Mode (CPM) (2021), dan QRIS Antar Negara (2022).

Salah satu strategi utama dalam perluasan akseptasi QRIS di antaranya adanya sinergi yang kuat dengan seluruh pemangku kepentingan terkait seperti Pemerintah, pelaku industri, dan masyarakat.

Bank Indonesia terus berkomitmen melakukan berbagai inovasi fitur QRIS seperti QRIS Tarik Tunai, Transfer dan Setor Tunai (TUNTAS) yang akan segera diluncurkan, serta perluasan kerja sama QRIS, termasuk kerja sama perluasan interkoneksi pembayaran QR Code dengan negara mitra. (*)

Editor: Redaksi
Tags PenghargaanQRISBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS