Lima Jurus Jitu Tolak Teman yang Suka Pinjam Uang

Yunike Purnama - Senin, 12 Februari 2024 05:46
Lima Jurus Jitu Tolak Teman yang Suka Pinjam UangIlustrasi (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Menjelang akhir bulan siapa disini yang suka dipinjami teman uang? Biasanya ketika ada teman yang suka meminjam uang, Anda akan kesulitan menolaknya, apalagi teman dekat.

Berikut ini 5 cara menolak teman yang meminjam uang dengan baik yang dirangkum TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com:

1. Tanyakan Alasan
Meskipun teman dekat Anda, ada baiknya sebelum memberikan pinjaman uang harus tahu sebab teman meminjamnya. Karena dengan begitu kita dapat memilah apakah kebutuhan peminjaman ini sangat penting atau tidak. Jika alasan peminjaman uang untuk gaya hidup atau kebutuhan tidak mendesak, Anda boleh menolaknya.

2. Meminta Waktu Berpikir
Setelah tahu alasan peminjaman uang, Anda minta waktu untuk berfikir. Hal ini penting sebab Anda bisa menimbang kebutuhan mana yang didahulukan. Apakah uang tersebut untuk kebutuhan pribadi atau bisa dialihkan ke peminjaman teman.

3. Jelaskan Alasan Tidak Bisa Meminjamkan Uang
Jika Anda memilih untuk tidak meminjamkan uang, beri alasan yang logis. Misalnya karena uang tersebut Anda perlukan untuk kebutuhan pribadi, kesehatan atau bahkan untuk kebutuhan anak dan rumah tangga.

4. Memberikan Alternatif Solusi
Jangan merasa bersalah jika Anda memilih untuk tidak meminjamkan uang. Anda bisa memberi solusi seperti minta ia untuk menabung dahulu, atau Anda meminjamkan hanya sebagian dari total peminjaman.(*)

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS