Lima Hal ini Kerap Dilakukan Pasangan yang Miliki Hubungan Langgeng

Yunike Purnama - Sabtu, 23 September 2023 16:32
Lima Hal ini Kerap Dilakukan Pasangan yang Miliki Hubungan LanggengIlustrasi (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Hubungan yang harmonis dan langgeng adalah hal yang diidamkan oleh semua pasangan. Bukan tanpa sebab, hubungan yang langgeng memungkinkan seseorang untuk merasa bahagia, mendapatkan dukungan, hingga merasa aman. 

Konsultan hubungan Julie Nguyen menulis untuk Very Well Mind, 5 hal yang kerap dilakukan pasangan yang memiliki hubungan langgeng.

1. Berbuat Lebih Baik

Julie berpendapat bahwa trauma-trauma masa kecil yang tidak menyenangkan kerap mempengaruhi sikap seseorang dalam hubungannya. Trauma dan hubungan internal dengan diri sendiri dapat terefleksi dalam hubungan. Contohnya seperti ketakutan, rasa sakit, kurangnya harga diri, rendahnya kapasitas untuk mencintai dan dicintai orang lain. 

Anda berhak untuk memiliki hubungan yang berkualitas. Jadi saran Julie ketika trauma-trauma itu mungkin tercermin dalam perilaku Anda kepada pasangan jangan ragu untuk meminta maaf. 

Pasangan akan menghargai kemampuan Anda yang bijak untuk mengakui kesalahan, melakukan refleksi diri, dan membuat perubahan positif. 

Tindakan Anda untuk berbuat lebih baik dalam hubungan dapat memupuk kepercayaan Anda dan pasangan pada hubungan. 

2. Berikan Tawaran pada Pasangan 

Psikolog John Gottman mendefinisikan tawaran sebagai “unit mendasar dari hubungan emosional”. Tawaran-tawaran ini seperti:

- Berbagi pemandangan yang menarik perhatian: “Apa kamu melihat burung di luar itu? aku senang kita membuatkan tempat untuk mereka di halaman belakang,”

- Meminta bantuan

- Memudahkan hidupnya 

- Mengecek keseharian mereka dan terlibat dalam percakapan 

- Menertawakan lelucon 

- Mempelajari sesuatu dan mencoba sesuatu baru 

- Bahasa nonverbal: kontak mata, tersenyum, membuka pintu, menggandeng tangan, mengambil air tanpa diminta

3. Bersenang-senang Bersama 

Penelitian menunjukkan bahwa tertawa bersama adalah salah satu tanda kepuasan hubungan yang paling jelas. 

4. Lepaskan Harapan 

Kita semua memiliki visi tentang apa yang seharusnya menjadi cinta. Penting untuk dipahami bahwa menemukan seseorang yang cocok dengan setiap aspek perubahan hidup kita adalah hal yang mustahil. 

Julie mengungkapkan bahwa ia sering mendapati klien pasangan yang tidak bisa berhenti bertengkar karena mereka berusaha dengan keras kepala membentuk hubungan sesuai dengan tuntutan pribadi tanpa mempertimbangkan kebutuhan individual pasangannya. 

Julie menyarankan Anda untuk mengkomunikasikan ekspektasi yang jujur dan masuk akal sehingga Anda dapat menemukan titik temu bersama.

Ketika Anda dapat menyelaraskan fantasi Anda dengan kenyataan, Anda akan lebih mudah fokus pada momen saat ini, yang menanamkan kolaborasi, dukungan, dan kehangatan ke dalam hubungan Anda. 

5. Pertahankan Ilusi Positif Anda Tentang Pasangan 

Sebuah survei tahun 2010 yang meneliti 470 studi tentang kecocokan menemukan bahwa komunikasi, kesamaan nilai, dan komitmen, meskipun penting, bukanlah satu-satunya faktor penentu hubungan cinta jangka panjang. Faktor kunci yang menjamin cinta abadi adalah kemampuan untuk mempertahankan “ilusi positif” tentang pasangannya. 

Jika Anda yakin pasangan Anda selalu menarik, lucu, baik hati, dan manis apapun kualitas yang Anda anggap ideal kemungkinan besar Anda akan merasakan kepuasan abadi dalam hubungan Anda.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS