Lima Aplikasi Chat yang Bisa Jadi Pengganti WhatsApp

Eva Pardiana - Rabu, 06 Oktober 2021 21:10
Lima Aplikasi Chat yang Bisa Jadi Pengganti WhatsAppIlustrasi mengirim pesan menggunakan aplikasi. (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG – Baru-baru ini, aplikasi pesan WhatsApp dan media sosial Instagram dan Facebook mengalami down serentak. Gangguan tersebut diketahui juga terjadi di sejumlah negara.

Para pengguna WhatsApp diketahui tidak bisa mengirim pesan. Tak hanya itu, media sosial Instagram dan Facebook juga sulit untuk dibuka dan tidak dapat update. Akun Facebook pun juga mengakui bahwa ada gangguan tersebut dan berusaha untuk memperbaikinya. 

Seperti yang diketahui, WhatsApp merupakan aplikasi chat yang kini sangat populer di dunia. Banyak yang menggunakan WhatsApp untuk bekerja, berkomunikasi mengenai tugas pekerjaan, kuliah, dan sebagainya. Oleh karena itu, tak mengherankan jika banyak yang terganggu dengan adanya kejadian WhatsApp yang down ini.

Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa aplikasi chat terbaik yang bisa jadi alternatif saat WhatsApp down. Berikut rangkumannya.

1. Telegram

Telegram adalah aplikasi populer yang biasanya digunakan sebagai pengganti WhatsApp. Telegram bahkan memiliki banyak keunggulan yang tidak ada di WhatsApp seperti mampu menghapus pesan, mengedit pesan, dan sebagainya. Tak hanya itu, saat Anda melakukan percakapan di chat rahasia di Telegram, Anda akan diberi pemberitahuan jika ada yang mencoba mengambil tangkapan layar.

2. Line

Aplikasi Line memiliki fitur yang mirip dengan WhatsApp. Line juga dapat memudahkan penggunanya untuk melakukan panggilan suara dan video, serta berbagi file dan lokasi secara gratis. Akan tetapi, banyak yang tidak menyukai Line karena terlalu berat. Untuk gantinya, Anda bisa menggunakan Line Lite yang lebih ringan.

3. Signal

Aplikasi ini disebut sebagai aplikasi chat yang bisa Anda gunakan apalagi yang sangat concern dalam privasi, pelacakan data, iklan atau pengawasan pemerintah. Signal disebut memiliki kelebihan karena mampu mengumpulkan data dalam jumlah yang minimal sehingga tidak membagikan data jika aplikasi tersebut memintanya.

4. Google Chat

Google Chat adalah perangkat lunak untuk saling berkomunikasi yang dikembangkan oleh Google. Melalui Google Chat, Anda bisa saling mengirim pesan serta masuk ke dalam sebuah grup yang Anda buat bersama tim. 

5. WeChat

WeChat merupakan aplikasi chat yang sempat populer beberapa tahun lalu. Meski sempat redup, baru-baru ini aplikasi WeChat kembali jadi sorotan. WeChat memiliki banyak fitur yang memudahkan pengguna untuk membuat percakapan dengan orang lain, seperti berkirim pesan, melakukan panggilan suara, dan panggilan video. (*)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 06 Oct 2021 

RELATED NEWS