Lima Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan saat Car Free Day

Yunike Purnama - Minggu, 19 November 2023 06:39
Lima Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan saat Car Free DayCar Free Day (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) adalah inisiatif yang bertujuan untuk mengurangi polusi udara, meningkatkan kesehatan masyarakat, dan mempromosikan keberlanjutan transportasi. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan Bermotor) adalah inisiatif yang bertujuan untuk mengurangi polusi udara, meningkatkan kesehatan masyarakat, dan mempromosikan keberlanjutan transportasi. 

Pada saat Car Free Day, sejumlah jalanan atau kawasan tertentu di suatu kota atau wilayah ditutup untuk kendaraan bermotor sehingga masyarakat dapat menikmati aktivitas luar ruangan tanpa gangguan polusi dan kebisingan dari kendaraan.

Acara Car Free Day biasanya diadakan secara berkala, seperti sekali sebulan atau sekali setahun, tergantung pada kebijakan pemerintah setempat atau inisiatif masyarakat. Acara ini juga kerap menjadi wadah untuk berbagai kegiatan komunitas, seni, budaya, dan olahraga. 

Dikutip dari sebuah sumber, Indonesia pertama kali mengadakan Car Free Day di Jakarta yaitu di sepanjang ruas Jalan Imam Bonjol pada tahun 2001.

Hingga saat ini Car Free Day telah dihelat sebagai acara rutin mingguan di Jakarta dan kota-kota lain di Indonesia. Biasanya Car Free Day dilakukan setiap hari Minggu dari pukul 06.00 hingga 11.00 WIB.

Berikut ini TrenAsia jaringan Kabarsiger merangkum 5 kegiatan seru untuk dilakukan saat Car Free Day:

1. Berolahraga 

Tak adanya gangguan polusi dan kebisingan membuat olahraga cocok dilakukan saat Car Free Day. Beberapa pilihan olahraga yang bisa Anda pertimbangkan adalah bersepeda, jogging, berjalan kaki, hingga senam atau yoga. 

2. Berbelanja 

Car Free Day identik dengan pasar dadakan di mana banyak pedagang menjajakan produknya dengan harga yang relatif terjangkau. Produk-produk yang mereka jual seperti aksesoris, pakaian, oleh-oleh, hingga barang unik. 

Para pedagang biasanya menjajakan produk di sisi kanan kiri jalanan lokasi Car Free Day namun Anda juga dapat menemukan pedagang yang berkeliling untuk menjual produknya. 

3. Bergabung dengan Komunitas dan Kegiatan Sosial 

Car Free Day seringkali dimanfaatkan oleh komunitas atau organisasi sebagai kesempatan untuk menggelar kampanye dan kegiatan sosial tertentu. 

Anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk mengenal lebih dekat komunitas tertentu atau bahkan bergabung dalam kegiatan sosial yang mereka adakan. 

Dari sini, Anda bisa mendapatkan wawasan tentang isu-isu tertentu seperti lingkungan, transportasi berkelanjutan, dan hal-hal menarik lainnya.

4. Fotografi Jalanan 

Tak ada salahnya menjelajahi area Car Free Day dengan kamera dan menangkap setiap momen-momen menarik yang ada. Car Free Day biasanya menyajikan suasana yang berbeda dari hari-hari biasa. 

5. Konser Jalanan 

Tak jarang, grup musik lokal atau musisi jalanan tampil dalam acara Car Free Day. Genre yang ditampilkan pun beragam mulai dari akustik hingga musik tradisional. 

Anda dapat bergabung dalam konser musik jalanan dengan suasana yang santai sembari mendengarkan lagu favorit.(*)

Editor: Redaksi
Tags Car Free DayBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS