Begini Cara Mudah Kendalikan Biaya Liburan Agar Tidak Boros

Eva Pardiana - Kamis, 30 Desember 2021 18:41
Begini Cara Mudah Kendalikan Biaya Liburan Agar Tidak BorosTips Agar Tidak Boros saat Liburan (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG – Setelah melakukan aktivitas sehari-hari yang membuat penat dan stres, tentu pilihan untuk mengambil cuti dengan berlibur dapat membuat Anda merasa bahagia dan santai karena bisa istirahat sejenak. Saat-saat liburan biasanya dihabiskan untuk berkumpul bersama keluarga atau teman terdekat. Akan tetapi, banyak orang yang mengeluh karena liburan justru membuat pengeluaran semakin boros.

Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan untuk membuat dan berpegang pada anggaran khusus untuk liburan. Rencana pengeluaran saat liburan tidak hanya membantu mengurangi stres, tapi juga akan menjaga Anda dari pengeluaran secara berlebihan dan berpotensi membuat Anda jadi menumpuk utang di musim liburan.

Berikut beberapa cara mudah membuat anggaran biaya liburan agar pengeluaran lebih terkendali.

Membuat Daftar Biaya Liburan

Ada baiknya Anda membuat rencana dan daftar pengeluaran liburan yang akan dilakukan, seperti biaya tiket transportasi, hadiah atau oleh-oleh, makanan yang dibeli selama berlibur, tip saat sedang di hotel, dan sebagainya. 

Membuat daftar pengeluaran saat liburan ini akan memberikan Anda gambaran dasar tentang apa saja yang perlu Anda bayar dan memudahkan Anda untuk mengetahui prioritas jika Anda harus membatasi pengeluaran tahun ini.

Tentukan Batas Pengeluaran

Setelah membuat daftar biaya liburan, Anda akan tahu kemana perginya uang Anda. Kemudian, Anda perlu menentukan berapa banyak uang yang Anda miliki untuk menutupi biaya liburan tahun ini. 

Anda juga perlu memutuskan berapa banyak uang yang dapat dibelanjakan selama liburan. Ketika Anda sudah mempertimbangkan jumlah ini, pastikan hanya menggunakan uang yang telah disisihkan atau uang tambahan yang Anda temukan di anggaran. Pastikan untuk tidak melakukan pengeluaran lebih dari yang seharusnya direncanakan.

Tetapkan Uang untuk Setiap Kategori

Anda perlu untuk memisahkan anggaran Anda sesuai dengan kategori pengeluaran yang berbeda yang akan Anda miliki saat liburan ini. Untuk melakukannya, Anda harus menetapkan jumlah tertentu untuk setiap kategori pengeluaran liburan, seperti anggaran untuk membeli oleh-oleh, menghadiri pesta saat liburan, pergi ke tempat wisata, dan sebagainya. Mengetahui berapa banyak yang harus Anda keluarkan akan membuat Anda tidak ingin berbelanja di luar anggaran yang ditetapkan.

Lacak Pengeluaran

Saat Anda pergi berlibur, Anda tetap harus mencatat semua pengeluaran yang Anda lakukan. Hal ini akan memudahkan Anda untuk membuat anggaran liburan tahun depan dengan lebih mudah dan akurat.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 30 Dec 2021 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS