Layanan Pembayaran QRIS Akan Tersedia di Empat Negara Asean

Yunike Purnama - Jumat, 08 Juli 2022 16:46
Layanan Pembayaran QRIS Akan Tersedia di Empat Negara AseanIlustrasi QRIS (sumber: Ist)

JAKARTA - Layanan pembayaran kode respons cepat Indonesia, QRIS, baru-baru ini dilaporkan akan tersedia di empat negara Asean. Bank Indonesia (BI), bersama bank sentral Thailand, Malaysia, Singapura, dan Filipina akan merealisasikan sistem pembayaran lintas batas atau cross-border payment dengan QRIS, open API (application payment interface), dan Fast Payment dengan mengimplementasikan local currency settlement (LCS).

Kepala Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia (BI), Filianingsih Hendarta mengatakan BI, Bank Thailand, Bank Negara Malaysia, Monetary Authority of Singapore, dan Bank Sentral Filipina sedang menggarap kerja sama tersebut. Dia berharap kesepakatan itu akan ditandatangani pada pertemuan para pemimpin G20 pada November mendatang.

"Saat dunia masih berbicara, Asean Five akan menjadi penggerak pertama konektivitas pembayaran. Bisa melalui QRIS, open API, atau Fast Payment dan semuanya akan berbasis framework LCS," kata Filianingsih dalam konferensi yang digelar secara virtual.

Dia juga mengatakan, kelima negara Asean tersebut telah memiliki infrastruktur transaksi digital, seperti pembayaran QR dan Pembayaran Cepat. Dengan demikian, mereka hanya bisa mengoperasikan pembayaran lintas batas.

Filianingsih melanjutkan, QRIS sudah bisa digunakan di Thailand dan Malaysia.Melalui kerja sama ini, sistem pembayaran akan diperluas ke seluruh negara Asean bahkan di luar kawasan. (*)

Editor: Yunike Purnama
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS