Lapas Kelas IIA Bandarlampung Latih Petugas Tanggap Bencana Kebakaran

Eva Pardiana - Minggu, 03 Oktober 2021 07:01
Lapas Kelas IIA Bandarlampung Latih Petugas Tanggap Bencana KebakaranSalah satu petugas Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Bandarlampung saat mencoba membuka kunci kamar hunian warga binaan pada Sabtu, 2 Oktober 2021. (sumber: Humas Lapas Kelas IIA Bandarlampung)

BANDARLAMPUNG – Kebakaran menjadi salah satu bencana nonalam yang menjadi ancaman, membahayakan, serta dapat menimbulkan korban jiwa jika kurang tepat dalam proses penanggulangan.

Oleh karena itu, pada Sabtu, 2 Oktober 2021, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Bandar Lampung menggelar lomba cepat tanggap bencana kebakaran yang diikuti oleh 56 orang petugas yang terbagi dalam 4 regu pengamanan

Selain memperebutkan hadiah bagi regu petugas yang paling tanggap, kegiatan ini bertujuan melatih kecepatan dan ketanggapan setiap petugas dalam membuka kunci kamar hunian warga binaan sebagai antisipasi saat terjadi bencana.

"Kegiatan ini untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan pencegahan petugas apabila terjadi kebakaran didalam kamar hunian serta masalah lainnya. Dengan kegiatan ini maka proses pembukaan kamar hunian akan lebih cepat," ujar Bapak Kunrat Kasmiri selaku Kepala Lapas Kelas IIA Bandarlampung.

"Selain itu juga diharapkan dapat mengurangi resiko dan meminimalisir agar tidak ada korban jiwa bilamana terjadi suatu bencana didalam kamar hunian," imbuh Kasmiri.

Kasmiri juga mengimbau petugas yang berjaga untuk rutin mengecek kabel atau alat-alat yang berkaitan dengan listrik di dalam kamar hunian. Agar segala sesuatu yang berpotensi menimbulkan kebakaran dapat terdeteksi sedini mungkin. (EP)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS