Konsumsi Masyarakat Kuartal I 2022 Tertinggi Sepanjang Pandemi

Yunike Purnama - Senin, 28 Maret 2022 08:00
Konsumsi Masyarakat Kuartal I 2022 Tertinggi Sepanjang PandemiSurvei Mandiri Institute melaporkan, belanja masyarakat pada kuartal I-2022 mencapai level tertinggi sepanjang pandemi Covid-19. (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG - Survei Mandiri Institute melaporkan, belanja masyarakat pada kuartal I-2022 mencapai level tertinggi sepanjang pandemi Covid-19. Hal ini tercermin dari Mandiri Spending Index (MSI) mencapai level tertinggi selama pandemi yaitu 143,3 pada minggu pertama Januari 2022.

"Tumbuh sebesar 31 persen secara year on year (yoy) di bulan Januari dan 16 persen (yoy) sepanjang Februari," kata Head of Mandiri Institute, Teguh Yudo Wicaksono dalam keterangannya pada Senin, 28 Maret 2022.

Teguh menyampaikan, pertumbuhan tinggi ini dipicu oleh dua faktor utama. Yakni, peningkatan belanja persiapan jelang Ramadan dan Lebaran 2022 maupun pelonggaran mobilitas sosial masyarakat.

"Belanja kami perkirakan terus meningkat hingga pertengahan Mei 2022, dan untuk periode kuartal I-2022 akan lebih tinggi dibanding kuartal I-2021," bebernya.

Faktor Vaksinasi

Selain dua faktor tersebut, vaksinasi adalah faktor penting dalam pemulihan belanja masyarakat. Dampak positif dari program vaksinasi ini terlihat dari terjaganya tingkat penularan COVID-19 pasca ledakan varian Delta, meski terjadi kenaikan mobilitas masyarakat.

Hal ini menyebabkan kenaikan belanja masyarakat tidak serta merta diikuti oleh kenaikan kasus COVID-19. Situasi ini berbeda dengan kondisi sebelum program vaksinasi massal dijalankan, di mana kenaikan belanja masyarakat kemudian diikuti dengan kenaikan kasus COVID-19.

"Dengan demikian, vaksinasi harus terus diperluas dan dipercepat, terutama menjelang peningkatan mobilitas masyarakat yang masif pada periode mudik Lebaran nanti," tutupnya. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS