Kontribusi IIB Darmajaya di Bumi Andan Jejama Wujudkan Web GIS

Yunike Purnama - Rabu, 03 Juli 2024 08:57
Kontribusi IIB Darmajaya di Bumi Andan Jejama Wujudkan Web GISKontribusi IIB Darmajaya di Bumi Andan Jejama Wujudkan Web GIS (sumber: Ist)

PESAWARAN – Tim peneliti dosen Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya melakukan koordinasi dan kolaborasi dengan Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Tenaga Kerja Kabupaten Pesawaran pada Rabu (3/7/2024).

Tim peneliti yang dipimpin Sulyono, S.Kom., M.T.I., Agus Rahardi, S.Kom., M.T.I., dan Suci Mutiara, S.Kom., M.T.I. didampingi Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IIB Darmajaya Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., Yulmaini, S.Kom., M.Cs., dan Ruki Rizal Nul Fikri, S.Kom., M.T.I. melakukan pertemuan dengan Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Pesawaran Adi Prasetya. 

Pertemuan tersebut juga terkait hibah Direktorat Riset, Teknologi, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat (DRTPM) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia.

Adapun dalam hibah tersebut, Sulyono dkk mengangkat judul “Transformasi UMKM Menuju Ekonomi Berkelanjutan Melalui Analisis Geographic Information System (GIS) dalam Profil dan Strategi Promosi”. Sulyono juga mengajak mahasiswa dalam penelitian tersebut yakni Ali Sarifuddin.

Sulyono mengatakan bahwa kunjungan ke Dinas Koperasi, UKM, dan Tenaga Kerja untuk membahas persiapan penelitiannya.

“Terutama mengenai data-data yang akan digunakan dan rencana pengembangan aplikasi,” ungkapnya.

Sementara, Ketua LP2M IIB Darmajaya, Dr. Sri Lestari, S.Kom., M.Cs., mengatakan penelitian Sulyono dkk ini dalam membangun web GIS untuk UMKM. 

“Penelitian ini merupakan pengembangan dari SiMoniK (Sistem Informasi Monitoring Kerja UMKM), dimana akan menambahkan fitur baru yaitu GIS UMKM yang akan menampilkan sebaran UMKM, dan profil UMKM sebagai salah satu strategi promosi,” ungkap dia seperti dikutip dari https://darmajaya.ac.id.
Dr. Sri Lestari berharap penelitian ini dapat berjalan dengan lancar. “Semoga dapat bermanfaat bagi UMKM dan masyarakat di Kabupaten Pesawaran,” pungkasnya. (*)

Editor: Redaksi
Tags IIB DarmajayaBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS