Komunitas Indonesia Timur Apresiasi Kontribusi Djarum Bangun Indonesia Lebih dari 7 Dekade

Eva Pardiana - Jumat, 23 April 2021 21:03
Komunitas Indonesia Timur Apresiasi Kontribusi Djarum Bangun Indonesia Lebih dari 7 DekadeBayu Surya Pamugar (berdiri) selaku CEO PT Inspirasi Indonesia Maju (INSPIRE) sekaligus inisiator lahirnya KITA saat dalam sebuah pertemuan beberapa waktu lalu. (Dok. KITA) (sumber: null)

Kabarsiger.com, Surabaya – Ratusan Komunitas yang tergabung dalam Kolaborasi Komunitas Indonesia Timur Area (KITA) menyampaikan apresiasinya atas kontribusi Djarum Group dalam membangun Indonesia selama lebih dari 7 dekade.

KITA menilai Djarum melalui berbagai lini bisnisnya telah memberi dukungan dan ruang bagi ratusan komunitas di Indonesia Timur untuk berkreasi, berprestasi, hingga saling berbagi ketika terjadi bencana.

"Mewakili teman-teman komunitas yang tergabung dalam KITA, kami menyampaikan selamat ulang tahun kepada Djarum Group yang ke-70. Perjalanan yang panjang ini telah membuktikan bahwa kiprah Djarum sungguh luar biasa dalam merawat dan membangun berbagai karakter Indonesia," ujar Bayu Surya Pamugar Sugeng, CEO PT Inspirasi Indonesia Maju (INSPIRE) sebagai inisiator lahirnya KITA di Surabaya, Kamis (22/4/2021).

Bayu menjelaskan, KITA yang saat ini sudah tersebar di 8 kota besar di Indonesia Timur seperti Surabaya, Madiun, Probolinggo, Jember, Bali, Makassar, Manado, serta Banjarmasin ini menaungi berbagai komunitas dengan latar belakang dan profesi yang berbeda.

Sebagai contoh anak motor tergabung dalam Bold Riders, pecinta alam dan suporter sepak bola terwadahi dalam SuperFriends, serta Karang Taruna membentuk komunitas Heppiii Community.

Berbagai komunitas tersebut menjalankan beragam kegiatan yang positif. Salah satunya peringatan Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2020, Kolaborasi KITA berhasil memecahkan dua rekor MURI sekaligus, yakni Donor Darah oleh Komunitas Terbanyak dan Donor Darah oleh Karang Taruna Terbanyak.

"Selama sebulan pelaksanaan, jumlah komunitas yang terlibat dalam program donor darah itu mencapai 531 komunitas dan 105 Karang Taruna. Jumlah peserta yang hadir sebanyak 7.758 orang dan berhasil mengumpulkan 5.322 kantung darah," jelas Bayu.

Sebagai bagian dari komitmen untuk terus memperluas peran sosial komunitas ini, dalam waktu dekat KITA akan meresmikan program Tagana (Tanggap Bencana) KITA. Program ini akan melibatkan Komunitas di 60 kota yang ada di Indonesia Timur.

Salah satu program Tagana KITA adalah membentuk tim tanggap bencana yang melibatkan anggota berbagai komunitas di Indonesia Timur.

"Kita berharap inisiatif ini dapat membantu masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi dan ancaman bencana yang cukup sering terjadi di berbagai wilayah Indonesia, khususnya di Indonesia Timur," imbuh Bayu.

Faqih Rizky mewakili Karang Taruna (Karta) Brumbungan Lor yang merupakan bagian dari Heppiii Community Probolinggo mengakui bahwa pihaknya sangat terbantu dengan adanya program pendampingan dari tim Heppiii Community. Salah satu bukti keberhasilan itu, perpustakan yang dikelola oleh Karta Brumbungan Lor terpilih mewakili Kota Probolinggo untuk berkompetisi di Provinsi Jawa Timur.

Akbar Gobel dari Bold Riders Manado mengatakan, banyak kegiatan komunitas motor di Manado yang didukung oleh Djarum Group. Berkat hubungan positif yang telah terbina puluhan tahun ini, anggota Bold Riders di Manado dan sekitarnya terus bertambah. Apalagi sekarang juga telah terbentuk KITA yang memungkinkan berbagai komunitas Bold Riders dapat saling berkomunikasi dan berkolaborasi.

"Prinsip anak motor itu persaudaran dan kebersamaan. Dengan terhubung ke berbagai komunitas Bold Riders di berbagai kota di Indonesia, kami punya lebih banyak saudara untuk dikunjungi, termasuk saling berbagi ketika terjadi bencana. Banyak program kolaborasi antar komunitas yang juga didukung oleh Djarum. Terima kasih Djarum," kata Akbar.

Ocha Alim Bachri selaku Presiden The Macz Man pendukung klub PSM Makassar, bagian dari SuperFriends Makassar mengungkapkan banyak kolaborasi positif yang telah dilakukan bersama entitas Djarum. Meskipun kegiatan tersebut bersifat sosial, namun sumbangsih Djarum sangat nyata dan memberi manfaat.

"Kami bangga karena Djarum Group telah mendukung banyak tayangan olahraga, terutama sepak bola, dan bulu tangkis di layar kaca. Di Makassar, kami juga sering berkolaborasi dalam berbagai kegiatan, termasuk dengan teman-teman dari Djarum. Selamat ulang tahun ke-70 untuk Djarum. Semoga di usianya ini semakin mempunyai manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat Indonesia, tetap jaya, dan tetap nomor satu di Indonesia," harap Ocha.

Kebanggaan yang sama juga dikatakan perwakilan komunitas dari Jember yang diwakili Ketua Laskar Segoro Kidul (LSK) Suparto.

"Kami hanya sekelompok Karang Taruna kecil yang berada di pingiran pantai selatan Jember, Kec Ambulu, Desa Sumberejo, dusun Watu Ulo, kami sudah merasakan program-programnya, dan kami bangga menjadi bagian keluarga Heppiii Community, dan pada akhirnya kami bisa dikenal di wilayah luas," ungkapnya.

Hal yang sama dikatakan perwakilan komunitas dari Surabaya, yang disampaikan Semanggi Alas.

"Saya Angger Agung selaku ketua umum dari komunitas Semanggi Alas mengucapkan selamat ulang tahun untuk PT Djarum. Kompak selalu, jaya selalu, jadilah semakin besar," ungkapnya.

Dari Bali ada komunitas Vixion Independent Bali yang diwakili oleh Eko Fuji Rahman. "Saya mewakili Vixion Independent Bali mengucapkan Dirgahayu PT Djarum yang ke 70. Terimakasih PT Djarum kami bangga berkarya bersamamu. PT Djarum do the best," ungkapnya. (VA)

Tags INSPIREDjarumBagikan

RELATED NEWS