Keunggulan Memiliki Digital Banking

Yunike Purnama - Minggu, 08 Agustus 2021 11:29
Keunggulan Memiliki Digital Banking (sumber: null)

Kabarsiger.com, BANDARLAMPUNG - Digitalisasi sudah terjadi beberapa tahun terakhir. Tidak hanya berbagai produk digital yang berkembang pesat, namun juga pelayanan berbasis online pun sejalan dengan hal tersebut. Misalnya saja dalam pembayaran, sudah banyak sekali aplikasi-aplikasi yang digunakan untuk membuat transaksi jauh lebih mudah.

Salah satunya adalah bank digital blu dari BCA yang sudah mulai dirilis sejak tanggal 2 Juni 2021. Meski terbilang cukup baru, sudah digunakan lebih dari 10 ribu user dari berbagai kalangan dan profesi.

Aplikasi ini juga telah memiliki beragam fitur bank digital yang akan memudahkan berbagai transaksi. Cara menggunakan aplikasi ini sangatlah mudah sekali, karena memang didesain ramah untuk pengguna atau istilahnya user friendly.

1. Pembayaran Lebih Praktis

Bank digital semakin kesini semakin diminati, pasalnya membuat berbagai proses pembayaran lebih praktis. Jika dahulu proses pembayaran perlu mengambil uang terlebih dahulu kemudian datang ke tempat penyetoran, sekarang tidak lagi. Anda hanya perlu memiliki nomor rekening tagihan yang harus dibayar, tinggal diproses saja di aplikasi, dalam hitungan menit akan selesai.

Pembayaran yang praktis ini berlaku untuk banyak hal. Mulai dari membayar listrik, belanja di online shop, transfer ke saudara atau anak-anak, sampai dengan membeli pulsa dengan lebih mudah. Bahkan sekarang ini pembayaran sekolah pun juga sudah bisa dilakukan secara online.

Pun juga dengan transaksi di berbagai outlet tempat belanja atau kafe bisa dengan memanfaatkan bank digital. Prosesnya mudah, dengan melakukan scan barcode yang telah disediakan.

Saat pandemi seperti sekarang ini, diharapkan untuk meminimalisir kontak dengan berbagai benda atau manusia.

2. Bisa Tarik Tunai Tanpa Menggunakan Kartu

Manfaat lainnya yang bisa Anda dapatkan adalah bisa tarik tunai uang tanpa kartu. Seperti halnya blu dari BCA yang memiliki fitur tersebut. Kemudahannya adalah jika sewaktu-waktu Anda ketinggalan ATM di rumah, tetap bisa mengambil uang dengan memanfaatkan bank digital.

Ini juga bisa menjadi antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, misalnya saja kartu ATM hilang atau tertelan. Anda tetap bisa menarik uang sebelum mengurusnya kembali ke bank.

3. Lalu Lintas Uang Bisa Terpantau dengan Mudah

Digital bank juga akan membuat lalu lintas uang terlacak dengan baik. Karena Anda bisa melihat berapa saldo yang dimiliki. Memeriksa transferan masuk tanpa perlu ke ATM dan melihat jumlah uang berapa saja yang masuk bisa dicek di mutasi. Jadi, jika terjadi aktivitas di luar kewajaran, Anda bisa mengetahuinya dengan mudah.

Baik itu transfer masuk atau keluar, semuanya bisa terpantau. Jadi juga akan memudahkan Anda untuk membuat budget bulanan. Penghitungan uang keluar pun juga semakin gampang karena Anda mengetahui berapa saja yang masuk dan keluar secara konkrit dan akurat.

Selama ini karena pembayaran dengan uang cash, seringkali ada pengeluaran-pengeluaran yang tidak terhitung, alasannya mungkin karena lupa atau uangnya tiba-tiba saja tidak ada.

4.Bisa Digunakan Terus Menerus Selama 24 Jam

Kemudahan lainnya yang akan Anda dapatkan dari digital banking adalah transaksi bisa dilakukan dari mana dan kapan saja, 24 jam dalam seminggu. Bahkan, saat tengah malam Anda perlu untuk transfer, tinggal kirim saja tanpa perlu susah payah pergi ke ATM atau ke bank. Apalagi tidak ada biaya admin untuk transfer ke sesama bank.

Tentunya ini sangat memudahkan, seperti yang diketahui bersama dahulu saat memerlukan layanan perbankan, orang-orang harus pergi ke bank, belum lagi jika nasabah sedang banyak, perlu mengantri. Saat ini dengan digital banking, transaksi bisa dilakukan dengan mudah, dari berbagai tempat. Sangat membantu sekali jika terjadi kondisi-kondisi darurat.

5.Proses Bisnis yang Semakin Mudah

Bagi yang memiliki usaha, kehadiran bank digital juga sangat memudahkan. Apalagi bagi online shop, bisa menjangkau lebih banyak konsumen lagi. Prosesnya mudah, pembayaran bisa dilakukan secara digital. Pengecekan juga bisa dilakukan dengan gampang. Tidak perlu bolak-balik ke ATM hanya untuk mengecek uang transferan dari konsumen.

Pun juga dengan pembayaran kepada karyawan, tidak perlu lama-lama di ATM atau menyetorkannya lewat bank secara langsung. Anda bisa melakukan pembayaran dengan gampang dan lebih tepat waktu. Anda juga bisa mengecek siapa saja yang sudah dikirim dan belum.

6. Lebih Ramah Lingkungan

Dengan adanya bank digital, Anda tidak perlu lagi mencetak buku tabungan. Artinya, penggunaan aplikasi bank digital lebih ramah lingkungan. Meski buku tabungan itu kecil, namun jika jumlah nasabah sampai berjuta-juta orangnya, tentu akan banyak juga kayu-kayu yang ditebang hanya untuk membuat buku tabungan.

Itulah deretan manfaat yang Anda dapatkan dari memiliki digital banking. Bagi Anda yang belum memilikinya, yuk segera instal dan buka tabungan di bank digital supaya aktivitas sehari-hari lebih nyaman dan makin praktis saja.(*)

Editor: Yunike Purnama
Tags Digital BankingBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS