Keuangan Maritim Didorong Mampu Terapkan ESG

Yunike Purnama - Rabu, 01 November 2023 11:40
Keuangan Maritim Didorong Mampu Terapkan ESG (sumber: null)

KeuJAKARTA - Gubernur Financial Supervisory Service (FSS) Lee Bok-hyun menekankan pentingnya keuangan maritim memiliki layanan keuangan komprehensif yang disesuaikan dengan standar lingkungan, sosial, dan tata kelola perusahaan (ESG) global.

Komentar tersebut disampaikan dalam pidato ucapan selamat yang disampaikan pada upacara pembukaan Pekan Maritim & Keuangan Busan (BMFW) selama tiga hari tahun ini yang dimulai pada Selasa, 31 Oktober 2023.

“Industri kelautan menghadapi perubahan paradigma di mana industri dipanggil untuk meningkatkan dirinya melalui perluasan, digitalisasi, dan ramah lingkungan,” kata Lee saat upacara pembukaan BMFW yang diadakan di Paradise Hotel Busan di kota tenggara, Selasa.

“Bertujuan untuk mencapai perubahan mendasar, inilah saatnya bagi keuangan maritim, yang harus mendukung transformasi sukses industri kelautan, untuk beralih dari penyediaan dukungan likuiditas sementara melalui peminjaman,” kata Lee.

“Serta peminjaman sederhana dan menuju menjadi layanan keuangan komprehensif yang disesuaikan dengan menjaga kedekatan hubungan dengan industri, sambil memenuhi kriteria LST global,” sambungnya, dilansir dari The Korea Times, Selasa 31.

Tahun ini merupakan angsuran ketiga dari BMFW yang diadakan sejak tahun 2021, ketika mengintegrasikan beberapa acara terkait keuangan kelautan yang telah diadakan secara terpisah oleh organisasi yang berbeda, antara lain FSS, Korea Ocean Business Corporation (KOBC), Marine Money, Busan Finance Center, dan Busan Metropolitan City.

Selain Gubernur FSS dan Wali Kota Busan Park Heong-joon, sekitar 250 peserta menghadiri upacara pembukaan pada Selasa. Termasuk pejabat kunci dari perusahaan keuangan, galangan kapal, dan perusahaan pelayaran, serta perguruan tinggi dan lembaga penelitian.

“Di Korea, di mana 99% dari total perdagangan dilakukan melalui transportasi laut, pentingnya industri kelautan, seperti galangan kapal dan pelayaran, tidak dapat terlalu ditekankan,” kata gubernur FSS dalam pidatonya.

“Busan bukan hanya pusat logistik global yang menghubungkan benua dan lautan, tetapi juga pusat keuangan maritim, yang berfungsi sebagai jembatan penting untuk menjaga daya saing maritim negara,” lanjutnya.

Selama BMFW, tiga program utama yaitu, Konvensi Pusat Keuangan Busan tentang Keuangan Maritim Internasional pada hari Selasa, Konferensi Maritim KOBC 2023 pada hari Rabu dan Forum Keuangan Kapal Korea Marine Money 2023 pada hari Kamis akan diadakan di Paradise Hotel Busan.

Acara maritim tahunan ini bertujuan untuk memperkuat branding eksternal kota sebagai kota pembiayaan maritim. Melalui penyediaan platform keterkaitan dan jejaring, para pemimpin global lokal dan global di bidang keuangan, maritim, dan perkapalan berbagi pengetahuan tentang status dan prospek industri maritim dan keuangan saat ini.

Secara khusus, Konvensi Pusat Keuangan Busan tentang Keuangan Maritim Internasional diselenggarakan bersama oleh FSS dan Busan, mempelajari tren terkini di sektor keuangan kelautan serta strategi pengembangan Busan, rumah bagi kegiatan keuangan kelautan Korea.

Pada Konferensi Maritim KOBC 2023 hari Rabu, tren dan prakiraan akan dibagikan tentang pembiayaan kapal secara keseluruhan secara umum, serta pasar kapal curah kering dan kapal peti kemas.

Pada hari terakhir Forum Pembiayaan Kapal Korea Marine Money, akan diadakan diskusi tentang tantangan dekarbonisasi di industri perkapalan, dilanjutkan dengan sesi lain tentang pembiayaan kapal.

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS