Kerjasama dengan Microsoft Wujudkan Smart City di IKN

Yunike Purnama - Jumat, 17 November 2023 06:32
 Kerjasama dengan Microsoft Wujudkan Smart City di IKNIlustrasi (sumber: M.Faiz Amali/TrenAsia)

JAKARTA- Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) resmi menjalin kerja sama dengan raksasa teknologi asal Amerika Serikat, Microsoft. Sinergi ini untuk mewujudkan konsep smart city IKN yang mengutamakan teknologi digital.

Kepala Otoritas IKN Bambang Susantono memberikan apresiasi atas kerja sama yang terjalin dengan perusahaan-perusahaan penyedia teknologi digital. Kolaborasi ini ditegaskan pada Selasa, 14 November 2023, di San Francisco, California, Amerika Serikat kemarin.

Bambang berharap bahwa melalui kemitraan dengan Microsoft dan perusahaan-perusahaan teknologi terkemuka lainnya, IKN dapat segera bertransformasi menjadi sebuah smart city yang mampu memenuhi kebutuhan teknologi digital dalam berbagai aspek kehidupan.

“Salah satu contoh adalah E-governance di pemerintahan di Ibu Kota Nusantara harus bisa berjalan secara efektif melalui sistem digital sehingga bisa meningkatkan efisiensi dan kualitas hidup warganya," ungkap Bambang dalam keterangan tertulis, pada Kamis, 16 November 2023.

Sementara itu, Regional Vice President & Chief Legal Counsel Asia Corporate External & Legal Affairs Microsoft, Mike Yeh, menegaskan pihaknya sangat siap untuk mendukung persiapan dan perencanaan digital yang dilakukan di Nusantara.

Yeh menyatakan bahwa dengan penerapan teknologi digital, IKN memiliki potensi untuk menjadi kawasan terpadu di masa depan. Asal tahu saja, peran Microsoft dalam kerjasama dengan IKN mencakup dukungan terhadap teknologi energi baru terbarukan, sistem kendaraan listrik, dan kendaraan otonom.

Selain itu, dari segi inklusivitas, Microsoft berkeinginan untuk mengembangkan literasi digital melalui pelatihan-pelatihan. Ke depan Microsoft akan mempelajari lebih lanjut apa yang akan bisa diterapkan di Nusantara. “Kami sangat mengapresiasi kerja sama ini, kita punya kerangka kerja yang sama,” kata Yeh.

Selain Microsoft, beberapa perusahaan teknologi lainnya juga telah menjalin kerja sama dengan IKN Nusantara. Kolaborasi dengan sejumlah perusahaan teknologi ini sejalan dengan tujuan untuk menjadikan Nusantara sebagai salah satu pusat pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sebelumnya, Memorandum of Understanding (MoU) telah ditandatangani dengan Cisco, ESRI, dan Autodesk yang kesemuanya bermarkas di Silicon Valley. Selain itu, penjajakan juga telah dilakukan dengan Meta, raksasa industri digital global, di kantor Meta di Amerika Serikat.

Sebagai informasi, penandatanganan kerja sama tersebut, OIKN diwakili oleh Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Mohammed Ali Berawi dan Regional Vice President & Chief Legal Counsel Asia Corporate External & Legal Affair dari Microsoft Mike Yeh.

Penandatanganan nota kesepahaman disaksikan oleh Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, yang diidampingi oleh Direktur Transformasi Hijau Tonny Agus Setiono, Staff Khusus Manajemen Pengetahuan Indrayanto Cahyadi serta Tenaga Ahli Komunikasi merangkap Juru Bicara Otorita IKN Troy Pantouw.(*)

Editor: Redaksi
Tags MicrosoftIKNBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS