Kerjasama BTN, BP Tapera dan Perumnas Siapkan 11 Ribu Rumah dengan KPR Khusus

Yunike Purnama - Kamis, 20 Mei 2021 14:00
Kerjasama BTN, BP Tapera dan Perumnas Siapkan 11 Ribu Rumah dengan KPR KhususDengan kerjasama ini ditargetkan akan ada 11 ribu unit rumah yang dibiayai melalui KPR Tapera. (sumber: Shutterstock)

Kabarsiger.com, JAKARTA - Badan Pengelola Tabungan Perumahan Rakyat (BP Tapera), PT Bank Tabungan Negara (BTN) Tbk dan Perum Perumnas melakukan kolaborasi untuk mempermudah masyarakat memiliki hunian. Dengan kemitraan tersebut, masyarakat bisa memiliki rumah dengan fasilitas Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Tapera.

Komisioner BP Tapera Adi Setianto mengatakan dengan langkah sinergi bersama Bank BTN dan Perumnas tersebut, menjadi wujud komitmen BP Tapera untuk bergerak cepat memenuhi kebutuhan perumahan rakyat.

Adi menjelaskan dengan hadirnya kolaborasi tersebut, BP Tapera bersama Bank BTN dan Perumnas akan segera mewujudkan Proyek Inisiasi Penyaluran Pembiayaan Tabungan Perumahan Rakyat.

"Kami menargetkan akan ada 11 ribu unit rumah yang dibiayai melalui KPR Tapera. Untuk tahap pertama, proyek inisiasi akan ditujukan bagi peserta awal BP Tapera yakni para ASN," tutur Adi dalam keterangan tertulis, Kamis (20/5/2021).

Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo mengatakan BTN sigap berinovasi untuk menghadirkan produk KPR Tapera sehingga mempercepat pencapaian target besar tersebut.

"Bank BTN siap berinovasi untuk terus berkolaborasi dengan BP Tapera untuk mempercepat pemilikan rumah impian bagi masyarakat Indonesia," ujar Haru.

Melalui portofolio pembangunan dan penyediaan perumahan yang tersebar di seluruh kota Indonesia selama ini, Perumnas selalu sigap mendukung segala bentuk sinergi agar kebutuhan akan perumahan dapat segera terserap oleh masyarakat.

"Inisiasi ini sejalan dengan misi Perumnas dalam penyediaan hunian untuk segmen menengah bawah. Hal ini terbukti bahwa target pembangunan rumah subsidi sepanjang tahun 2021 meningkat menjadi sekitar 30 persen dari total unit hunian terbangun," jelas Direktur Utama Perum Perumnas Budi Saddewa Soediro.

Hal ini menandakan Perumnas semakin serius menggarap segmen menengah bawah yang sebelumnya kami targetkan sekitar 20 persen untuk unit hunian subsidi ini. Dan hal ini, tidak hanya pada jenis rumah tapak, namun juga pada jenis rumah susun. (*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS