Kereta Cepat WHOOSH Siap Soft Launching pada Oktober 2023

Yunike Purnama - Kamis, 28 September 2023 15:56
Kereta Cepat WHOOSH Siap Soft Launching pada Oktober 2023Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan soft launching pada 1 Oktober 2023 (sumber: Ist)

JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) akan soft launching pada 1 Oktober 2023 yang akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Presiden mungkin akan lakukan soft launching 1 Oktober 2023,” ujar Luhut setelah rapat terbatas Integrasi Moda Transportasi Publik di Istana Merdeka, Jakarta pada 27 September 2023 seperti dilansir Antara.

Nantinya setelah diresmikan, kereta cepat yang memiliki nama resmi “Whoosh” tersebut dapat langsung digunakan oleh masyarakat. Whoosh sendiri adalah singkatan dari Waktu Hemat, Operasi Optimal, Sistem Handal. Nama tersebut telah secara resmi diumumkan pada 21 September 2023 lalu.

Luhut juga menyebutkan harga tiket kereta cepat tersebut juga akan diumumkan pada saat soft launching 1 Oktober 2023 mendatang. Luhut membeberkan, nantinya Jokowi akan memberikan diskon untuk harga tiket kereta cepat agar Whoosh dapat digunakan masyarakat luas.

“Tadi baru dibicarakan akan memberikan diskon berapa lama dulu nanti bertahap. Jadi basically, Presiden ingin supaya semua kita bisa menikmati (layanan kereta cepat) dengan harga yang bagus,” ujar Luhut.

Whoosh memiliki kecepatan hingga 350 km per jam dan menghabiskan waktu hanya sekitar 45 menit untuk perjalanan dari Tegalluar sampai ke Halim dengan satu pemberhentian di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, sekitar dua menit.

Kehadiran kereta cepat ini disambut baik oleh masyarakat. Hal tersebut terbukti dengan capaian telah mengangkut 4.552 penumpang hanya dalam tiga hari masa uji coba antara 15-17 September 2023.

Operator kereta cepat, PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) juga membuka uji coba tahap dua untuk masyarakat umum pada 25-30 September 2023. Dalam uji coba terbatas tersebut, KCIC membuka empat jadwal perjalanan pulang pergi Jakarta-Bandung.(*)

Editor: Redaksi
Tags Kereta Cepat WHOOSHBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS