Kemitraan KUR, BCA dan Otten Coffee Dorong UMKM Kopi Tanah Air

Yunike Purnama - Kamis, 12 Oktober 2023 11:46
Kemitraan KUR, BCA dan Otten Coffee Dorong UMKM Kopi Tanah AirIlustrasi (sumber: Ist)

JAKARTA - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) baru saja menandatangani kesepakatan kerjasama dengan PT Otten Coffee Indonesia sebagai implementasi konkret untuk memberikan dukungan kepada pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), terutama yang beroperasi di sektor industri kopi.

Berdasarkan laporan Badan Pusat Statistik (BPS), produksi kopi Indonesia pada tahun 2022 telah mencapai 794,8 ribu ton. Angka ini meningkat sekitar 1,1% secara tahunan dibandingkan periode sama tahun sebelumnya sebesar 762,4 ribu ton.

Sementara itu, menurut riset Toffin dan Majalah MIX Marcoom pada 2019 menyatakan jumlah kedai kopi di Indonesia tumbuh hingga 2.950 gerai. Angka ini mengalami kenaikan tiga kali lipat dibandingkan tahun sebelumnya. 

Tak heran jika kedepannya jumlah UMKM Kopi di Tanah Air akan bertambah terus. Terlebih mengacu data BPS tersebut, Indonesia berhasil menjadi negara penghasil kopi terbesar ke-3 di dunia setelah Brazil dan Vietnam.

SVP Business Commercial & SME BCA Tjoeng Haryanto mengatakan kerja sama ini bertujuan untuk memberikan akses lebih mudah ke pembiayaan melalui program Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang ditawarkan oleh BCA.

“Kami antusias berkolaborasi dengan Otten Coffee Indonesia dalam mendukung pengembangan UMKM di industri kopi dan produk-produk lokal. Melalui program KUR BCA, kami berharap dapat membantu para pelaku UMKM untuk mewujudkan impian mereka dalam mengembangkan usaha kopi hingga ke mancanegara,” ujar Tjoeng dalam keterangannya dikutip Selasa, 10 Oktober 2023.

Tjoeng menjelaskan bahwa para pelaku UMKM yang bergerak di industri kopi dapat memanfaatkan program KUR BCA yang memberikan pinjaman dengan suku bunga yang kompetitif, mulai dari 6% efektif per tahun. 

Ia menambahkan program KUR BCA ini juga menawarkan pembebasan biaya administrasi dan provisi, sehingga para pelaku UMKM dapat mengakses pembiayaan dengan lebih terjangkau.

Sementara itu CEO PT Otten Coffee Indonesia Jhoni Kusno mengatakan program KUR BCA merupakan kesempatan emas bagi para pelaku UMKM untuk mengembangkan atau membuka bisnis baru di bidang kopi.

“Kami berharap dapat membantu bisnis UMKM di sektor kopi untuk semakin tumbuh dan berkembang, serta memberikan kontribusi positif dalam pengembangan industri kopi Indonesia,” ujar Jhoni.

Pengajuan KUR

Dalam kerja sama ini, BCA juga menggandeng KlikA2C sebagai lembaga channeling untuk proses pembiayaan yang lebih efisien dan praktis, sehingga pelaku UMKM dapat fokus pada pengembangan bisnis kopi.

Bagi para pelaku UMKM di industri kopi yang tertarik untuk memanfaatkan program KUR BCA, dapat menghubungi Otten Coffee Indonesia untuk mendapatkan informasi lebih lanjut dan penawaran khusus. Atau melalui link ini “KUR BCA UMKM Kopi

Sebelumnya, proses pengajuan KUR BCA untuk pengembangan UMKM Kopi telah  dilakukan pada acara Kopi Fest ID yang berlangsung pada tanggal 4 hingga 8 Oktober 2023 di Mall Kota Kasablanka, Jakarta Selatan.

Sebagai informasi, perbankan swasta tanah air ini telah aktif mendukung ekspansi industri kopi Indonesia ke pasar internasional dengan berpartisipasi dalam Festival Kopi Indonesia di Rusia tahun 2021.

BCA melibatkan pebisnis kopi UMKM lulusan program BCA UMKM Fest dan BCA Bangga Lokal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain itu, BCA juga berpartisipasi di acara Kopi Fest sebagai bagian dari Gerakan Nasional 'Bangga Buatan Indonesia' dan #Banggalokal yang dimulai pada Juli lalu.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS