Kemenkumham Lampung Gelar Tes SKD CPNS 2023, Ini Pesan Kakanwil

Yunike Purnama - Kamis, 09 November 2023 15:58
Kemenkumham Lampung Gelar Tes SKD CPNS 2023, Ini Pesan KakanwilTes SKD CPNS Kemenkumham Wilayah Lampung Tahun 2023 berlangsung selama 10 hari dengan total 5.188 peserta. (sumber: Yunike Purnama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Kantor Kementerian Hukum dan HAM Lampung kembali menggelar Tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) CPNS Kementerian Hukum dan HAM Tahun 2023.

Lampung menjadi salah satu lokasi dari 33 titik tes secara nasional yang menggelar Tes SKD CPNS Tahun 2023.

Untuk di Lampung, Lokasi tes berlangsung di Hotel Amalia Bandar Lampung selama 10 hari kedepan mulai Kamis, 9 November 2023 hingga Senin, 20 November 2023.

Kepala Kanwil Kemenkumham Lampung Sorta Delima Lumban Tobing mengatakan, tes SKD CPNS Kemenkumham wilayah Lampung tahun 2023 total diikuti 5.188 peserta yang akan berlangsung 10 hari.

"Setiap harinya akan dibagi 4 sesi dan per sesi ada sekitar 150 peserta yang mengikuti tes,"ujar Sorta usai membuka secara resmi pelaksanaan tes SKD CPNS Kemenkumham Lampung tahun 2023 pada Kamis, (9/11/2023).

Sorta menghimbau untuk seluruh peserta ujian tidak tergiur dengan oknum tidak bertanggung jawab yang memberikan janji kelulusan tes cpns. "Saya tekankan kalau ada yang memberikan iming-iming kelulusan tes cpns itu adalah kebohongan, semua yang lulus passing grade nantinya adalah murni hasil kerja keras dan doa dari peserta semua disini yang sudah berjuang mempersiapkan untuk tes hari ini,"ujarnya.

"Selamat mengikuti tes dengan semangat, fokus dan jujur, mohon jaga nama baik Provinsi Lampung dan Kemenkumham Lampung untuk tidak melakukan segala bentuk kecurangan selama tes berlangsung," pesan sorta.

Ia melanjutkan, persiapan final bersama BKN sudah dilakukan sejak dua hari kemarin. Mulai dari lokasi, kesiapan perangkat, koneksi internet hingga tim panita yang bertugas.

"Dalam upaya mitigasi kecurangan, Kanwil Kemenkumham Lampung bersama BKN sudah berkordinasi memastikan penerapan sistem kontrol secara terpusat. Jadi sistem BKN sudah lebih canggih dan rapi, proses update dan evaluasi juga terus dilakukan setiap tahun sehingga pelaksanaan tes dapat berjalan dengan baik tanpa kecurangan,"ujar Sorta.

Cegah Kecurangan Gunakan Sistem CAT OS

Koordinator Pelaksana BKN Pusat Muhammad Syafiq . Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger

Koordinator Pelaksana BKN Pusat Muhammad Syafiq menambahkan, persiapan pelaksanaan tes SKD CPNS Kemenkumham 2023 sudah dilakukan sejak tanggal 7 November 2023.

Dengan berkordinasi dengan Kanwil Kemenkumham kami memastikan pelaksanaan  tes berjalan lancar, seperti persiapan ruangan tes yang selalu steril, tersegel, dipantau CCTV dan zoom secara real time.

"Kanwil Kemenkumham Lampung juga cukup responsif dalam pemenuhan standar BKN dalam pelaksanaan tes skd cpns," ujarnya.

Syafiq melanjutkan, perbedaan dari tes tahun ini dari sebelumnya adalah dari sistem keamanannya.

Selain penambahan keamanan di sisi aplikasi CAT, BKN juga menggunakan sistem operasi khusus dalam pelaksanaannya. Tidak seperti sebelumnya dimana sistem operasi yang digunakan adalah sistem operasi yang sudah tertanam di PC atau laptop yang disewa oleh instansi.

Sistem operasi yang digunakan adalah CAT OS (Computer Assisted Test Operating System).

"CAT OS ini diharapkan dapat mengantisipasi kecurangan dengan memanfaatkan remote access. Fitur-fitur di dalam CAT OS ini hanya dapat digunakan untuk keperluan mengakses aplikasi CAT BKN saja. Sehingga nantinya peserta tidak akan bisa menggunakan aplikasi lain untuk perhitungan atau aplikasi-aplikasi yang mengarah kepada kecurangan lainnya. Tidak hanya itu, CAT OS ini juga membatasi akses peserta supaya tidak bisa mengakses website-website selain aplikasi CAT,"paparnya. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS