Kemenkop UKM Beri Bantuan Rp684,8 Juta untuk Pengembangan Wirausaha di Lampung

Eva Pardiana - Rabu, 08 September 2021 20:20
Kemenkop UKM Beri Bantuan Rp684,8 Juta untuk Pengembangan Wirausaha di LampungMenkop UKM Teten Masduki menyerahkan bantuan fasilitasi pengembangan inkubator wirausaha kepada Rektor Universitas Lampung Prof. Karomani di Universitas Lampung, Bandarlampung, Rabu (8/9/2021). (sumber: Humas Kementerian Koperasi dan UKM)

BANDARLAMPUNG – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) melakukan kerja sama dengan Universitas Lampung (Unila) untuk mengembangkan wirausaha di Provinsi Lampung melalui program sentra inovasi dan inkubasi bisnis.

Dalam kerja sama ini, Kemenkop UKM memberikan bantuan sebesar Rp549,8 juta kepada 40 gerai UMKM di Unila dan juga bantuan wirausaha pemula masyarakat Lampung sebesar Rp135 juta dengan jumlah penerima 23 orang di beberapa kabupaten. Secara total, bantuan yang diberikan oleh Kemenkop UKM mencapai Rp684,8 juta.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengatakan, saat ini rasio kewirausahaan Indonesia baru mencatatkan angka 3,47% dari total populasi di Indonesia. Menurutnya, angka ini masih terpaut jauh dari negara lain seperti Singapura yang sudah mencatatkan rasio kewirausahaan sebesar 8,9%, Malaysia 4%, Thailand 4% dan negara maju sudah mencapai 12%.

"Target kita, ingin menambah jumlah wirausaha dan untuk menjadi negara maju (rasio kewirausahaan) itu 4%. Saya kira, Indonesia oleh semua lembaga dunia diprediksi di 2045 itu kita punya potensi jadi negara maju. Karena itu kita harus bekerja keras menghadirkan wirausaha baru sampai 4%," ujar Teten dalam acara Penyerahan Bantuan Fasilitasi Pengembangan Inkubator di Universitas Lampung, Bandarlampung, Rabu (8/9/2021).

Menurut Teten, pemerintah saat ini telah mengubah pendekatan pendampingan UMKM dan koperasi dari pendekatan birokrasi ke pendekatan profesional atau bisnis. Karena itu, inkubator bisnis baik itu swasta atau kampus bisa menjadi bagian yang sangat penting sebagai upaya untuk membina dan mengembangkan UMKM.

"Kami ingin UMKM kita bisa menyaingi UMKM luar negeri. Karena itu, kita membidik wirausaha muda yang berlatar belakang pendidikan baik seperti di kampus untuk kita lahirkan, bina dan besarkan untuk menjadi wirausaha. Jadi saya kira peran inkubator bisnis di kampus jadi sangat penting. Karena itu kami senang sekali bisa kerja sama dengan Unila," ujar Teten.

Lebih lanjut, untuk mengembangkan usaha yang berkelanjutan di Provinsi Lampung, Teten mendorong para pelaku UMKM untuk mengembangkan komoditas unggulan di Lampung. Dengan demikian, Provinsi Lampung akan memiliki ciri khas tersendiri dan menjadi faktor pembeda dibandingkan dengan daerah lainnya.

Selain itu, Teten juga menegaskan pihaknya memiliki program besar untuk mendorong UMKM Indonesia menjadi bagian rantai pasok industri nasional seperti UMKM di Jepang, Korea Selatan dan Tiongkok, di mana UMKM di sana menjadi bagian dari sistem produksi industri.

"Jadi bukan lagi UMKM sendiri dan industri sendiri. Kalau begini, akhirnya UMKM harus kompetisi dengan usaha besar dan pasti kalah. Kalau kita integrasikan UMKM dengan industri besar dengan ekosistem kemitraan saya rasa akan berjalan beriringan. Jadi industrinya besar, UMKM-nya juga pasti akan ikut ditarik menjadi besar," katanya.

Baru 4,1% UMKM Terhubung ke Rantai Pasok Industri

Menurut Teten, saat ini baru 4,1% UMKM di Indonesia yang dapat terhubung ke rantai pasok industri, menurutnya angka tersebut masih sangat kecil dan harus diperbesar lagi ke depannya.

"Karena itu, saya kira Unila bisa menjadi inkubator bisnis yang menyiapkan UMKM masa depan yang berbasis pada produk kreatifitas dan inovasi teknologi," ujar Teten.

Di tempat yang sama, Rektor Universitas Lampung Prof. Karomani menekankan dengan adanya kerja sama inovasi dan inkubasi bisnis bersama Kemenkop UKM, pihaknya dapat memberikan manfaat lebih luas sebagai bagian dari pengabdian kepada masyarakat Lampung.

Menurutnya, dengan memanfaatkan teknologi berbasis aplikasi dan ekonomi kreatif yang dikembangkan Unila akan memberikan manfaat kepada UMKM di Lampung, di antaranya memberikan informasi dan jaringan pasar, kemudahan akses pendanaan dan pendampingan, serta peningkatan kapasitas teknologi informasi sebagai daya dukung peningkatan daya saing UMKM di Indonesia.

"Kami mendampingi 40 tenant dengan berbagai produk yang ada di Provinsi Lampung, seperti kopi yang merupakan komoditas utama Provinsi Lampung, keripik pisang sebagai olahan utama dan pempek sebagai olahan ikan. Terima kasih banyak atas kerja sama dan dukungan yang diberikan Kemenkop UKM pada Unila, semoga kerja sama ini dapat berlangsung dan berkelanjutan," tandas Karomani. (EP)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS