Kemenhub Targetkan 29 PSN Sektor Transportasi Selesai 2024

Yunike Purnama - Jumat, 09 Juni 2023 19:15
Kemenhub Targetkan 29 PSN Sektor Transportasi Selesai 2024Pelabuhan penyeberangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Danau Toba, Sumatera Utara. (sumber: BKIP Kemenhub)

JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menargetkan sebanyak 29 Proyek Strategis Nasional (PSN) di sektor transportasi akan rampung hingga 2024.

Menteri Perhubungan Budi Karya menyampaikan, 29 PSN ini terdiri dari infrastruktur bandara, pelabuhan, dan kereta api.

"PSN ini adalah proyek jangka panjang, yang masing-masing proyeknya memiliki target waktu penyelesaian yang berbeda-beda. Ada yang ditargetkan selesai di tahun 2023 atau 2024, bahkan ada yang melebihi tahun 2024," katanya dilansir pada Jumat, 9 Juni 2023.

Menhub menjelaskan, pembangunan PSN di sektor transportasi merujuk pada Perpres No. 109 Tahun 2020 dan Permenko Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Strategis Nasional, di mana  terdapat sebanyak 36 PSN di sektor transportasi dengan target waktu penyelesaian yang berbeda-beda.

Budi merinci, dari 36 PSN ada sebanyak 20 proyek yang diselesaikan hingga tahun 2023. Kemudian, ada 9 proyek yang targetnya selesai pada tahun 2024, serta ada 7 proyek yang target selesainya setelah tahun 2024.  

Salah satu proyek besar yang pembangunannya sudah berjalan dan hampir rampung, yaitu LRT Jabodebek dan Kereta Cepat Jakarta – Bandung. Busi merinci 20 proyek yang telah selesai hingga 2023 antara lain Bandar Udara Internasional Yogyakarta, KA Tebing Tinggi – Kuala Tanjung, KA Akses Bandara Internasional Yogyakarta, LRT Sumatera Selatan, Pelabuhan KEK Maloy, Pelabuhan Hub Internasional Kuala Tanjung dan Pelabuhan Terminal Kijing.

Lalu ada Pelabuhan Kupang, Pelabuhan Hub Internasional Bitung, Terminal Multipurpose Labuan Bajo, Bandara Komodo – Labuan Bajo, dan Bandara Lombok Praya, Bandar Udara Nabire Baru, Bandar Udara Kediri, KA Makassar – Parepare Tahap I, LRT Jabodebek, Pelabuhan Sanur, Pembangunan Makassar New Port, Pengembangan Pelabuhan Teluk Palu, dan Pembangunan Pelabuhan Patimban. 

Berikut Daftar PSN sektor transportasi yang dikebut 9 proyek yang ditargetkan selesai pada tahun 2024 yaitu: 

Bandar Udara Siboru Fakfak

Kereta Cepat Jakarta – Bandung

Double Track Selatan Jawa

Pengembangan Pelabuhan Sorong,

Pengembangan Pelabuhan Likupang

LRT Jakarta International Stadium – Kelapa Gading dan Velodrome – Manggarai

Pembangunan Pelabuhan Palembang Baru

Pengembangan Pelabuhan Benoa (BMTH)

Pelabuhan Terminal Peti Kemas Muaro Jambi.

7 proyek yang diselesaikan setelah tahun 2024, yakni: 

Jakarta MRT North- South Fase 2A & 2B

Jakarta MRT East – West Fase 1

KA Jakarta – Surabaya,

KA Rantau Prapat – Kota Pinang

Infrastruktur KA Logistik Kalimantan Timur

KA Logistik Lahat – Tarahan dan Prabumulih – Palembang

Pembangunan Pelabuhan Ambon Baru (sudah dikeluarkan dari PSN)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS