Kasus HIV di Lampung Capai 6.022 Kasus, Bandar Lampung Sumbang 44 Persen

M. Iqbal Pratama - Jumat, 02 Desember 2022 16:46
Kasus HIV di Lampung Capai 6.022 Kasus, Bandar Lampung Sumbang 44 PersenIlustrasi kasus HIV AIDS. (sumber: Ist)

BANDAR LAMPUNG - Kasus HIV (Human Immunodeficiency Virus) di Kota Bandar Lampung terdapat 2.637 kasus. Kasus ini menyumbang sekitar 44 persen dari total kasus HIV di Lampung yakni 6.022 kasus.

Koordinator Konsorsium Penggiat HIV Lampung, Mumu mengatakan kasus HIV diibaratkan seperti gunung es. Pasalnya masih banyak masyarakat yang belum sadar untuk melakukan tes padahal berpotensi tertular.

“Orang yang terdata inilah yang sudah terbangun kesadarannya untuk tes HIV,” kata Mumu dalam peringatan hari AIDS sedunia di Dinas Koperasi UMKM UPTD Balai Pendidikan dan Latihan Koperasi UMKM, Jum'at 2 Desember 2022.

Menurutnya, masih banyak populasi kunci seperti wanita pekerja seks (WPS), waria, lelaki seks dengan lelaki (LSL), dan pengguna napza suntik (penasun) yang tidak mau tes HIV dengan alasan takut, belum terpapar informasi dan sengaja menutupi dirinya.

“Sehingga melalui peringatan HIV ini, saya berharap masyarakat berperan atau terciptanya lingkungan yang kondusif. Semua masyarakat berperan aktif dan tahu HIV Aids dalam pencegahan dan penanggulangannya,” ujarnya. (IQB)

Editor: Yunike Purnama
Tags Kasus HIV AIDS Bagikan
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS