Kampanye Pilpres 2024 Dimulai Besok, Aparat Diminta untuk Netral

Yunike Purnama - Senin, 27 November 2023 16:49
Kampanye Pilpres 2024 Dimulai Besok, Aparat Diminta untuk NetralTiga pasangan Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang digelar Bawaslu di Hotel Grand Sahid Jaya, Senin, 27 November 2023. (sumber: Ist)

JAKARTA - Tiga pasangan Calon Presiden (Capres)-Calon Wakil Presiden (Cawapres) menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) yang digelar Bawaslu di Hotel Grand Sahid Jaya, Senin, 27 November 2023. 

Ketiga pasangan tersebut yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Turut hadir pula Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo serta perwakilan Jaksa Agung. 

Acara itu menandai kampanye pasangan calon pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang akan dimulai Selasa, 28 November 2023. Kampanye rencananya bakal digelar selamma 75 hari.  

Pantauan dari siaran langsung di YouTube Bawaslu, Senin, pasangan Anies-Cak Imin tampak mengenakan kemeja putih dan memakai jas. Kemudian Prabowo-Gibran kompak memakai kemeja warna biru sedangkan Ganjar terlihat memakai kemeja hitam dan Mahfud berkemeja putih. 

Dalam sambutannya, Anies meminta jika terdapat aparat yang menyimpang, harus segera ditegur dan didisiplinkan. “Mungkin ada satu anak buah, satu-dua anak buah yang memilih belok, milih belok kanan, milih belok kiri. Karena itu kami berharap kalau ada yang belok kanan, belok kiri, segera ditegur, segera diluruskan, segera didisiplinkan,” kata Anies.

Hal itu agar tidak terjadi penyimpangan terhadap arahan yang diberikan atasan hingga sampai jajaran terbawah. Anies berharap aparat konsisten menjaga perintah tersebut selain menjalankan perintah pemilu damai. “Kita buktikan kepada semua, bahwa apa yang berkembang di masyarakat hari ini dijawab dengan netralitas,” paparnya.

Sementara Prabowo menyampaikan keyakinannya terhadap Bawaslu bahwa akan melaksanakan tanggung jawabnya untuk melaksanakan pemilu yang jujur, adil, dan tanpa kecurangan. “Kami percaya penyelenggara pemilu dan aparat penegak hukum sadar akan menyelenggarakan pemilu dengan sebaik-baiknya,” kata Prabowo.

Adapun pasangan Ganjar Pranowo dan Mahfud Md. Ganjar menyebut bahwa apa yang telah ditorehkannya melalui tanda tangan pada acara tersebut ungkapan keseriusan dari pikiran, hati dan tindakan. 

Paslon nomor urut 3 tersebut juga percaya aparat akan melaksanakan komitmen itu dengan sungguh-sungguh. “Kami menyampaikan penghormatan dan terima kasih atas komitmen yang dibangun,” kata Ganjar. 

Pada kesempatan itu, Ketua Bawaslu Rahmat Bagja mengatakan acara tersebut merupakan rangkaian dan proses yang harus dijalani demi terciptanya Pemilu adil dan makmur. Dirinya mengatakan Bawaslu telah berkoordinasi dengan Bawaslu Daerah terkait dengan penyelenggaraan Pemilu 2024 mendatang.

Rahmat mempersilahkan para Pasangan Capres-Cawapres berkampanye selama 75 hari terhitung mulai 28 November 2023. “Kampanye peserta Pemilu seluas-luasnya dan ajang peserta menyakinkan Republik ini dengan menawarkan visi misi,” kata Rahmat. Dirinya berharap fungsi pengawasan Bawaslu dapat dibantu peserta Pemilu. (*)

Editor: Redaksi
Tags YouTube Bawaslu Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS