Jurusan Kuliah yang Paling Disesali Fresh Graduate

Yunike Purnama - Jumat, 04 Juni 2021 17:52
Jurusan Kuliah yang Paling Disesali Fresh GraduateIlustrasi jurusan kuliah. (sumber: Freepik)

Kabarsiger.com - Jurusan kuliah bisa jadi salah satu hal mempengaruhi kesuksesan seseorang dalam karier. Maka dari itu, penting buat memilih secara cermat dan tepat.

Sebab, enggak sedikit yang menyesali jurusan kuliahnya setelah lulus kuliah. Sesuai sama hasil penelitian dari ZipRecruiter pada 5 ribu fresh graduate yang lagi mencari pekerjaan.

Dalam penelitian tersebut menunjukkan jurusan kuliah yang banyak disesali oleh para responden. Apa aja, ya?

Bahasa Asing

Dari 5 ribu koresponden yang terlibat, 42 persen menunjukkan bahwa jurusan bahasa asing paling banyak disesali. Alasannya, karena dianggap enggak memiliki bidang pekerjaan yang praktis.

Selain itu, banyak lulusan baru yang sulit mendapat pekerjaan lantaran pesaing terlalu banyak, tetapi peluangnya sempit.

Ilmu Biologi dan Fisika

Sebanyak 35 persen responden lulusan baru Ilmu Biologi dan Fisika mengaku kesulitan mendapat pekerjaan sesuai dengan gelar mereka. Para responden harus memiliki gelar tambahan sebelum terjun ke dunia kerja. Sebab untuk mendapat pekerjaan di bidang ini membutuhkan lisensi atau studi lanjutan.

Pendidikan

Menjadi seorang guru jadi salah satu pekerjaan yang diminati banyak orang. Namun, banyak lulusan baru yang menyesal telah memilih jurusan kuliah Pendidikan di bangku kuliah.

Sebanyak 31 Persen dari responden menyesal memilih jurusan ini lantaran penghasilan yang rendah. Selain itu, kesempatan kerja untuk lulusan pendidikan juga terbatas.

Ilmu Sosial dan Hukum

Sebanyak 29 persen dari seluruh responden dalam penelitian ini menyesal memilih jurusan Ilmu Sosial dan Hukum. Mereka menganggap bahwa ilmunya terlalu umum, enggak praktis, dan sulit mendapatkan pekerjaan jika tanpa studi lebih lanjut.

Komunikasi

Mungkin, peluang pekerjaan di bidang Komunikasi cukup terbuka lebar. Terlebih, kemajuan teknologi saat ini membuka banyak kesempatan untuk lulusannya.

Tapi, 27 persen responden mengaku menyesal karena ilmunya sangat umum. Sehingga sulit menemukan pekerjaan yang diinginkan. (*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS