Jokowi: Perbaikan Jalan Rusak di Lampung Segera Diambil Alih Kementerian PUPR

M. Iqbal Pratama - Jumat, 05 Mei 2023 14:53
Jokowi: Perbaikan Jalan Rusak di Lampung Segera Diambil Alih Kementerian PUPRPresiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pengerjaan perbaikan jalan rusak parah di Provinsi Lampung akan segera diambil alih Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabarsiger)

LAMPUNG SELATAN - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pengerjaan perbaikan jalan rusak parah di Provinsi Lampung akan segera diambil alih Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Hal tersebut disampaikan Presiden saat diwawancarai awak media dalam kunjungannya ke Lampung bertempat di Pasar Natar Lampung Selatan pada Jumat, 5 Mei 2023.

"Yang kira-kira potensi untuk diperbaiki jalan Provinsi dan Kabupaten kalau tidak memiliki kemampuan akan diambil alih oleh Kementerian PUPR, utamanya jalan yang rusak parah," ungkapnya

Kemudian, terkait kunjungannya ia membenarkan untuk meninjau jalan rusak di Bumi Ruwa Jurai. 

Lebih lanjut, menurut Jokowi pembangunan infrastruktur jalan merupakan hal yang sangat krusial karena terkait untuk mendukung mobilitas masyarakat hingga arus distribusi khususnya terkait bahan pokok.

"Begitu jalan rusak, apalagi jalan untuk pengiriman komoditas kebutuhan orang banyak,  mobilitas masyarakat, mobilitas barang tentu akan berdampak pada kenaikan biaya logistik, sehingga barang dari daerah yang jalannya rusak ini tidak bisa bersaing dengan provinsi lain, daerah lain, atau negara lain,” jelasnya.

Untuk itu, dalam kunjungan kerja kali ini Kepala Negara ingin memastikan bahwa infrastruktur jalan di Provinsi Lampung dapat memberikan dampak yang baik dan tepat bagi masyarakatnya.

“Kita harus tahu semua manfaat infrastruktur yakni mampu memberikan manfaat yang tepat untuk orang banyak,” pungkasnya.

Presiden Pantau Langsung Jalan Rusak

Presiden RI Joko Widodo juga memantau lansung  jalan rusak di daerah Lampung Selatan. Foto: M.Iqbal Pratama/Kabarsiger

Dalam kunjungannya, Presiden RI Joko Widodo juga memantau lansung  jalan rusak dan berlubang mulai dari Mapolda Lampung hingga Desa Gedung Harapan, Lampung Selatan pada Jumat, 5 Mei 2023.

Dari pantauan di lokasi, Jokowi memantau langsung dengan menaiki mobil kepresidenan Marcedez Benz bernomor polisi Indonesia.

Didampingi oleh Menteri Perdagangan RI, Zulkifli Hasan, Presiden Jokowi berkeliling memantau jalan rusak dan berlubang di daerah Kota Baru, Lamsel.

Sembari berkeliling, Presiden Jokowi juga membagikan kaos kepada masyarakat sekitar. Warga setempat pun antusias menyambut kedatangan Presiden RI Jokowi.

"Pak Jokowi, Pak Jokowi," teriak warga sekitar.

Salah seorang warga, Susi mengaku senang Presiden RI Jokowi datang ke Kota Baru Lampung Selatan melihat jalan rusak.

"Alhamdulillah akhirnya dilihat oleh pak Presiden jalan kita disini. Kasian mobilnya bagus lewat jalan rusak seperti ini," ujarnya. (IQB)

Editor: Yunike Purnama
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS