Jangan Sepelekan Hal Ini Buat Para Pengguna M-Banking!

Yunike Purnama - Sabtu, 14 Agustus 2021 10:23
Jangan Sepelekan Hal Ini Buat Para Pengguna M-Banking! (sumber: null)

Kabarsiger.com, BANDARLAMPUNG - Ditengah berkembangnya teknologi yang sangat pesat ini, memang memiliki dampak baik maupun buruk. Salah satu dampak baiknya yaitu kita bisa memiliki smartphone yang sangat canggih sehingga sangat mempermudah kita dalam melakukan berbagai hal seperti menghubungi saudara yang jauh ataupun temen.

Bisa mencari informasi yang ter-update dan bahkan bisa kita gunakan untuk m-banking lho. Sehingga mempermudah kita bertransaksi. Karena hal ini, banyak sekali masyarakat yang memilih menggunakan m-banking. Sehingga semakin meningkat jumlah penggunanya.

Dengan banyaknya orang yang menjadi pengguna m-banking ini, maka akan lebih banyak pula oknum-oknum yang melakukan cyber crime atau kejahatan di dunia maya. Untuk itu kita sebagai pengguna m-banking harus benar-benar berhati-hati dalam menggunakannya dan lakukan hal-hal ini agar m-banking kita tetap aman.

Hindari menggunakan WiFi umum

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa WiFi umum/publik memang gratis, tetapi kita kan belum tahu gimana keamanannya, iya kalau kuat, kalau lemah gimana? Kan bisa aja data kita diretas oleh para oknum-oknum hacker dan saldo kita bisa aja dicuri ataupun bisa juga ditranfer ke rekening hacker kan. Bukan untuk negatif thinking ke orang, Cuma antisipasi kan juga perlu.

Pengguna m-banking, Rutinlah memperbarui data

Agar tidak terjadi akan hal-hal yang buruk pada m-banking kita. Akan lebih baiknya kita selalu meng-update data mulai dari SIM Card pada ponsel yang kita gunakan dan tersambung ke m-banking. Sehingga kode OTP akan otomatis terganti. Dan data-data penting lain yang berhubungan dengan m-banking baik alamat, NIK maupun apapun itu. Selain itu juga kita harus selalu mengupdate aplikasi m-banking kita agar keamanan lebih terjaga.

Jangan lupa aktifkan notifikasi pada akun

Dengan mengaktifkan notifikasi pada akun, maka akun m-banking kita bisa aman, kenapa demikian? Misal jika ada transaksi-transaksi yang ada pada riwayat m-banking. Namun kita tak pernah merasa melakukan transaksi itu. Maka kita bisa segera mungkin konfirmasi ke pihak bank, maupun mengganti pin, data diri dan lain sebagainya yang berhubungan dengan akun m-banking kita.

Pengguna m-banking, gantilah pin secara berkala

Biar tak terjadi hal-hal yang tidak kita inginkan pada m-banking kita. Untuk itu kita harus mengganti pin secara berkala. Minimal 3 bulan lah. Kan nggak setiap hari juga. Jadi jangan malas buat ganti pin m-banking ya, biar data aman transaksi aman juga kan!

Apakah kalian sudah melakukan hal-hal tersebut secara rutin? Kalau belum segera lakukan ya, biar m-banking kita juga aman dan hati kita pun tenang.(*)

Editor: Yunike Purnama
Tags #MbankingBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS