Jaga Keandalan Pasokan Listrik, PLN Nusantara Power Siap Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024

Yunike Purnama - Kamis, 05 September 2024 18:18
Jaga Keandalan Pasokan Listrik, PLN Nusantara Power Siap Sukseskan PON XXI Aceh-Sumut 2024PLN Nusantara Power siap menyambut gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh- Sumut 2024 (sumber: Ist)

BANDA ACEH - PLN Nusantara Power, subholding pembangkitan terbesar di Asia Tenggara siap menyambut gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh- Sumut 2024 yang digelar pada 8-20 September 2024. 

Melalui apel siaga kelistrikan yang dilaksanakan pada Selasa (3/9) PLN Nusantara Power telah menyiapkan seluruh unit pembangkit yang berada di Aceh dan Sumatera Utara dengan total kapasitas 1420 MegaWatt (MW) untuk memasok kebutuhan listrik pada helatan akbar ini.

Beberapa unit pembangkit tersebut adalah UP Nagan Raya (160 MW), UP Arun dan PLTD yang tersebar di Aceh (464.44 MW), PLTGU Belawan dan PLTD yang tersebar di sekitarnya (796.4 MW).

Ruly Firmansyah, Direktur Utama PLN Nusantara Power menyanggupkan kesiapan produksi listrik dari unit pembangkit PLN Nusantara Power dan siap mendukung penuh event olahraga terbesar di Indonesia ini.

“PLN Nusantara Power siap menghadirkan listrik yang berkualitas, andal dan stabil. Berbagai persiapan telah kami lakukan mulai dari pengecekan unit pembangkit, personel siaga, hingga back up plan untuk memastikan kebutuhan listrik pada gelaran ini tercukupi,”terang Ruly.

Ia menambahkan, sebanyak 821 personel siaga akan melakukan pengawasan terhadap kelancaran penyediaan pasokan listrik selama PON berlangsung di wilayah Aceh. Tim khusus ini bersiaga 24 jam selama pelaksanaan PON dengan dibekali kendaraan listrik safety patrol untuk menunjang mobilitas dan respon cepat terhadap gangguan. Selain itu, PLN Nusantara Power juga membangun 15 posko siaga, 26 armada pendukung berupa _fire truck, ambulance, dan mobile crane.

”Saat ini, hari operasi pembangkit (HOP) pada pembangkit batu bara mencapai 21 HOP, sedangkan pada unit pembangkit lain rata-rata HOP-nya mencapai 8 yang artinya kesiapan pasokan listrik akan tercukupi", tambah Ruly.

Dalam upaya menjaga keamanan dan keandalan listrik, PLN Nusantara Power juga memperkuat koordinasi dengan pihak keamanan dan pemangku kepentingan terkait untuk mengamankan aset vital dan strategis di seluruh unit pembangkit.

Selain kesiapan personel dan peralatan, PLN Nusantara Power juga mengandalkan teknologi canggih melalui  Nusantara InnoVision Center (NIC). Inovasi tersebut hadir untuk menyajikan data secara realtime, mengintegrasikan seluruh lini bisnis mulai dari aspek operasional unit pembangkit, progres proyek terupdate dan kinerja perusahaan dengan didukung jaminan cyber security.

NIC merupakan pusat visualisasi informasi korporat terintegrasi berbasis inovasi digital yang didukung kecerdasaan buatan untuk melakukan monitoring seluruh lini bisnis perusahaan secara terpusat dan teraktual. Melalui dashboard yang terintegrasi, PLN NP menggunakan big data analysis dalam memantau, mengolah seluruh informasi lini bisnis sehingga mempercepat pengambilan keputusan strategis. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS