ITERA Jajaki Kolaborasi Teaching Clinic dengan PT Sugar Group Companies

Eva Pardiana - Kamis, 04 Agustus 2022 16:56
ITERA Jajaki Kolaborasi Teaching Clinic dengan PT Sugar Group CompaniesRektor ITERA I Nyoman Pugeg Aryantha bersama Direktur PT Sugar Group Companies (SGC) Sofwan Hadi di pabrik gula PT Gula Putih Mataram SGC, Lampung Tengah, Senin 1 Agustus 2022 lalu. (sumber: Humas ITERA)

LAMPUNG TENGAH – Institut Teknologi Sumatera (ITERA) menjajaki kolaborasi dengan PT Sugar Group Companies (SGC) dalam bidang teaching clinic dan pengembangan tri dharma perguruan tinggi melalui jejaring industri.

Hal tersebut dibahas dalam pertemuan antara Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha dengan Direktur PT Sugar Group Companies (SGC) Ir. Sofwan Hadi, M.Sc., di pabrik gula PT Gula Putih Mataram SGC, Lampung Tengah, Senin 1 Agustus 2022 lalu.

Rektor ITERA Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, yang didampingi Ketua Jurusan Teknologi Infrastruktur dan Kewilayahan ITERA Dr. Rahayu Sulistyorini, S.T., M.T., dan tim dosen menyampaikan pentingnya membangun kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia industri. Terlebih saat ini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi meminta kampus dan dunia industri berkolaborasi melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

“Kolaborasi ini sangat diperlukan, karena ke depan perubahan semakin cepat, untuk mengantisipasi itu, maka mahasiswa perlu dibekali cara adaptasi, kesigapan, dan kesiapan mental, maka kami membutuhkan mitra yang dapat menjadi teaching clinic mahasiswa kami,” ujar Prof. Nyoman.

Melalui skema MBKM, Prof. Nyoman berharap mahasiswa ITERA yang tersebar di 39 program studi dapat melakukan program magang di PT SGC sebagai salah satu perusahaan yang memiliki perkebunan tebu dan pabrik gula terbesar di Indonesia.

Selain itu, Rektor juga menyampaikan peluang kerja sama dalam bidang riset para dosen guna memecahkan permasalahan yang mungkin dialami oleh PT SGC dalam proses bisnis dari hulu hingga ke hilir. Seperti dalam bidang perkebunan tebu, pengelolaan lahan perkebunan, tahap produksi, hingga pengolahan limbah industri.

“Dengan kolaborasi ini, kepakaran dosen ITERA diharapkan bisa memberikan manfaat yang luas kepada masyarakat. Sebab banyak kepakaran yang kami miliki mulai dari hulu hingga ke hilir untuk memecahkan masalah atau berinovasi bersama,” ujarnya.

Direktur PT Sugar Group Companies, Ir. Sofwan Hadi, M.Sc., menyambut baik rencana kolaborasi antara ITERA dan PT SGC. Sofwan Hari menyampaikan, PT SGC telah mengembangkan sistem pendidikan yang lengkap dan berkualitas bagi putra dan putri karyawan mulai dari taman kanak-kanak hingga pendidikan vokasi.

Selain itu, jenjang SMA/SMK di PT SGC juga telah menjalin kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi di Indonesia. Untuk itu, kehadiran ITERA diharapkan dapat semakin meningkatkan peluang para lulusan SMA/SMK PT SGC untuk menempuh pendidikan S1. 

"Anak-anak karyawan disini bisa menikmati pendidikan berkualitas sebagai rasa terima kasih kami kepada generasi pertama atau orang tua yang merupakan karyawan kami, sehingga kami juga berusaha menjalin kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi, termasuk ITERA," ujar Sofwan.

Tidak hanya itu, PT SGC juga aktif menerima lulusan ITERA untuk bergabung dalam beberapa unit bisnis di bawah PT SGC. Hingga saat ini, sebanyak 11 lulusan ITERA telah menjadi pegawai di perusahaan yang membawahi empat anak perusahaan, yaitu, PT Gula Putih Mataram (GPM), PT Sweet Indolampung (SIL), PT Indolampung Perkasa (ILP), dan PT Indolampung Distillery (ILD).

Dalam kunjungan tersebut tim ITERA juga berdiskusi tentang pengembangan pendidikan tinggi bersama Ketua Yayasan Keluarga Besar Tunas Garuda Purwadi Santoso, M. Pd., Direktur Sekolah Vokasi, Yulius Riansa Priyusdito, Direktur Sekolah Umum Nugrohodi, Admin Manager SGC, Tri Angkasa, bagian HRD SGC Nindyta Puspita N. Azhar, dan Human Capital Affairs Manager Sekolah SGC Yustinus Gunawan. (*)

RELATED NEWS