Intip 3 Langkah Mudah Mencoba Capsule Wardrobe

Yunike Purnama - Minggu, 08 Januari 2023 10:10
Intip 3 Langkah Mudah Mencoba Capsule WardrobeIlustrasi Capsule Wardrobe (sumber: TrenAsia.com)

BANDAR LAMPUNG - Apakah lemari Anda penuh sesak oleh pakaian? Apakah pakaian kotor Anda selalu menumpuk menunggu untuk dicuci dan ditata rapih di dalam lemari? Bingung memutuskan hendak memakai pakaian apa setiap pagi?

Permasalahan pakaian rasanya cukup sering membuat stres di hidup Anda. Jika Anda memiliki permasalahan diatas, ada baiknya Anda mencoba capsule wardrobe.

Capsule Wardrobe pertama kali dicetuskan oleh Susie Faux di tahun 1970. Susie Faux adalah seorang pemilik butik fashion bernama Wardrobe di West End London.

Capsule wardrobe adalah kombinasi pakaian dan aksesoris esensial dengan model yang  timeless. Idealnya Anda hanya dapat mengkurasi 25 hingga 37 koleksi pakaian hingga aksesori dasar untuk memulai metode ini.

Karena jumlah yang terbatas dan harus dapat dipakai di segala musim dan acara, Anda harus benar-benar selektif menentukan pakaian mana yang layak Anda masukkan ke dalam list capsule wardrobe Anda.

Banyak diadopsi oleh penganut gaya hidup minimalis, ternyata mereka yang telah mempraktikannya mengaku bahwa hidup mereka menjadi lebih praktis, gaya belanja mereka juga lebih selektif fokus kepada kualitas item yang benar-benar merepresentasikan diri mereka dan mudah dipadu padankan. 

Dilansir dari modern minimalist, ini 3 langkah sederhana yang bisa Anda lakukan untuk memulai capsule wardrobe

1. Declutter pakaian Anda

Langkah ini wajib Anda lakukan apalagi jika lemari Anda masih berisi pakaian-pakaian yang tidak pas (kebesaran atau kekecilan), tidak Anda suka, punya kesamaan warna dan model dengan pakaian Anda yang lain, tidak cocok dengan skin tone dan bentuk tubuh Anda  serta sudah rusak, sobek, luntur dan tidak layak pakai.

Pakaian-pakaian dengan kategori diatas dapat Anda jual, donasikan, atau buang. Setelahnya Anda mungkin akan terkejut menyadari banyaknya pakaian yang sebenarnya tidak pernah Anda pakai. Karena pada kenyataanya dalam keseharian kita hanya memakai pakaian yang itu-itu saja.

2. Tentukan pakaian yang masuk dalam list capsule wardrobe

Setelah Anda selesai mengeliminasi pakaian-pakaian Anda saatnya fokus pada pakaian yang tersisa. Ingat untuk memperhatikan kualitas, warna, hingga fungsi pakaian. Pastikan Anda hanya mengambil pakaian-pakaian yang benar-benar esensial dan timeless. Tips lain yang dapat Anda gunakan adalah dengan memilih warna yang netral agar mudah dipadu padankan.

3. Buat ide outfit untuk 10 hari

Setelah menentukan semua item fashion yang akan Anda gunakan kedepannya, saatnya Anda melakukan mix and match untuk masing-masing item. Jangan salah meskipun hanya berjumlah 25 hingga 37 koleksi saja nyatanya item-item ini dapat Anda padu padankan untuk beragam acara dengan perpaduan yang berbeda-beda.

Nah itu tadi tips seputar cara memulai capsule wardrobe, tertarik mencoba. (*)

Editor: Redaksi
Tags Capsule Wardrobe Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS