Instagram Rencana Perpanjang Durasi Reels

Yunike Purnama - Rabu, 06 September 2023 09:46
Instagram Rencana Perpanjang Durasi ReelsIlustrasi instagram (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Sejak Meta memperkenalkan Reels di Instagram, para pembuat konten telah menyampaikan kekhawatiran mereka mengenai durasi video yang dapat diunggah dan tayang di platform media sosial tersebut. Durasi Reels di Instagram juga kerap terjadi perubahan, di mana awalnya 30 detik menjadi 3 menit, dan akhirnya Instagram memperkenalkan tab untuk IGTV di mana pengguna dapat mengunggah video berdurasi lebih panjang.

Sekarang, dikabarkan Instagram sedang berupaya untuk meningkatkan durasi Reels mereka. Hal ini diketahui setelah postingan seorang leaker dan mobil developer Alessandro Paluzzi di X atau Twitter. Dari postingan yang diunggah akun X tersebut, Reels di Instagram bisa berdurasi hingga 10 menit, di mana saat ini durasi maksimumnya hanya 3 menit saja. Meski begitu, hingga saat ini masih belum ada pengumuman resmi yang disampaikan oleh Meta.

Jika perubahan tersebut dikonfirmasi oleh Meta, maka Instagram bisa menjadi pesaing kuat platform berbagi video seperti TikTok. Selain itu, durasi panjang dari Reels Instagram ini juga dapat menyelaraskan durasi video aplikasi dengan durasi YouTube. Saat ini tentu Anda mengetahui bahwa fitur Instagram dan TikTok tampaknya sangat mirip satu sama lain.

Seperti laporan dari Engadget, Meta menyatakan bahwa bocoran itu adalah ‘prototype internal’. Akan tetapi, mereka juga memastikan bahwa screenshot yang dibagikan oleh Alessandro Paluzzi itu adalah sangat nyata.

Meta juga mengungkapkan bahwa durasi Reels tidak dapat diuji secara eksternal. Oleh karena itu, masih belum jelas apakah panjang durasi Reels akan bertambah. Akan tetapi, jika terjadi hal ini pasti akan mengubah keseluruhan konsep format Reels yang tampaknya disukai oleh pengguna. Kemudian, aplikasinya akan didasarkan pada video berdurasi panjang seperti YouTube.

Sementara Instagram dan TikTok menambah durasi videonya, YouTube justru lebih fokus pada Shorts, format video pendeknya. Baru-baru ini YouTube justru menambahkan iklan di Shorts dan mulai berbagi pendapatan iklan dengan content creator di platform tersebut. Platform lain yang bereksperimen dengan format video pendek yaitu Twitch yang memperkenalkan ‘Discovery feed; baru untuk video pendek tapi saat ini masih belum dimonetisasi.

Dari penjelasan di atas itu artinya pengguna masih harus menunggu dan melihat apakah Reels akan memiliki durasi yang lebih panjang. Jika benar-benar terjadi, maka akan menarik untuk dilihat bagaimana tanggapan pengguna terhadap video berformat panjang tersebut.

Itu tadi penjelasan mengenai Reels Instagram yang dilaporkan akan memperpanjang durasinya. Apakah Anda setuju terhadap langkah tersebut?(*)

Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS