Inspirasi Desain Taman Idaman untuk Milenial

Yunike Purnama - Sabtu, 02 Oktober 2021 08:44
Inspirasi Desain Taman Idaman untuk MilenialKonsep taman vintage berikan suasana tenang. (sumber: Pinterest)

BANDARLAMPUNG - Memiliki taman adalah idaman bagi sebagian orang, selain terlihat menarik juga mampu memperlancar sirkulasi udara sehingga terasa lebih asri dan sejuk. Namun, tak semuanya mampu menciptakan taman untuk tempat bersantai.

Hal ini dikarenakan minimnya lahan atau bingung ingin memulai dari mana. Padahal cara pertama yaitu bisa memilih tanaman lebih dahulu. Yuk simak desain taman idaman cocok untuk kaum milenial.

1. Minimalis garden dengan pemilihan kanopi sederhana

Mempunyai rumah yang sejuk adalah dambaan bagi setiap orang, tentu untuk mewujudkannya membutuhkan usaha ekstra. Tapi tenang, untuk membuat desain pertama cukup memerlukan material sederhana.

Penggunaan kanopi kayu membuat rumah jadi lebih ringan, di atasnya diletakan bunga bougenville warna ungu untuk memperindah area taman.

Sedangkan di bagian samping, dipenuhi oleh tanaman hias berbagai jenis. Lalu diletakan lagi di dalam pot motif rhombus yang terbuat dari batuan alam.

2. Taman vintage berikan suasana tenang

Tempat terbuka seperti taman mampu memberikan ketenangan, salah satu triknya yaitu dengan memilih material berwarna earth tone. Seperti desain di atas, mulai dari dinding, lantai hingga ornamen tali air berwarna beige.

Taman satu ini dibuat dengan memadukan material kayu dan semen. Di beberapa tempat, dibuat kolom berbentuk kotak dan persegi sebagai tempat menenam tanaman.

Sementara untuk jalan setapak, dipasangkan lagi parkit dari kayu lengkap dengan tali air. Supaya semakin memberikan unsur alam, terdapat pula rumput sintetis dan LED stripe untuk memberikan pencahayaan.

3. Terapkan konsep middle east

Timur tengah terkenal dengan keindahan padang pasir dan oasisnya. Kalau ingin suasana baru, bisa mencoba menerapkan konsep satu ini. Didonimasi oleh tanaman kaktus hijau, membawa suasana khas middle east.

Pada bagian lantai, menggunakan material dari semen yang dipoles lagi agar halus. Kemudian ditambahkan kerikil supaya mempercantik tampilan.

Menariknya, tambah ramai, bagian dinding ditanami oleh tanaman rambat dan lampu taman unik. Sedangkan stand payung di bagian tengah berguna untuk meletakan tanaman agar tambah rapi.

4. Menggabungkan unsur alam dan buatan

Unsur alam memang lebih terasa asri, tetapi jika tidak memungkinkan bisa menggunakan rumput sintetis dengan menggabungkan batuan templek sebagai jalan setapak.

Sedangkan selasar dekat tembok dipenuhi oleh batuan coral dengan beberapa batu sabak hias. Untuk mengisi area pinggir, bisa ditanamankan pohon palem dan american holly sebagai tanaman pagar rendah.(*) 

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS