Inilah Soft Skill Penting yang Perlu Anda Pelajari

Yunike Purnama - Minggu, 09 April 2023 09:04
Inilah Soft Skill Penting yang Perlu Anda PelajariSoft skill adalah kemampuan seseorang yang berhubungan dengan bagaimana cara seseorang bekerja dan berinteraksi dengan orang lain. (sumber: Pexels)

BANDARLAMPUNG - Soft skill adalah kemampuan seseorang yang berhubungan dengan bagaimana cara seseorang bekerja dan berinteraksi dengan orang lain.

Layaknya hard skill, soft skill juga sangat diperlukan di tempat kerja karena tanpa adanya kemampuan ini, Anda akan sulit beradaptasi dan berkomunikasi di lingkungan kerja.

Banyak orang menganggap soft skill adalah bakat, padahal kemampuan ini juga bisa dipelajari dan dikembangkan dengan cara latihan terus menerus.

Nah berikut adalah 5 soft skill penting yang perlu Anda pelajari.

1. Problem solving
Problem solving adalah kemampuan untuk menemukan solusi terbaik dari suatu masalah dengan mengidentifikasi penyebabnya.

Kemampuan problem solving penting untuk Anda miliki karena Anda akan selalu menemukan masalah di manapun dan dalam situasi apapun.

2. Kreativitas 
Kemampuan ini meliputi cara baru dalam menghasilkan suatu produk dan ide. Dengan pikiran kreatif Anda dapat mengerjakan tugas dengan lebih mudah dan menghasilkan ide-ide out of the box.

Seseorang juga akan lebih siap menghadapi tantangan ketika ia mampu berpikir kreatif.

3. Leadership
Leader yang baik yang baik adalah seseorang yang bisa menginspirasi dan mendukung timnya menjadi versi terbaik dari diri mereka. Bahkan jika artinya mereka harus kehilangan anggota timnya.

Banyak leader yang masih mengekang anggota tim mereka dan marah ketika ditinggalkan. Padahal mereka tahu, anggota tim mereka dapat menyalurkan potensinya di tempat yang lebih baik di luar sana.

4. Berpikir kritis
Perusahaan menginginkan seseorang yang tidak memerlukan buku untuk membuat keputusan dan mengatasi masalah. Seseorang yang bisa membuat keputusan cerdas dan dapat melihat gambaran besar dari suatu kejadian tentu akan memiliki value tersendiri di mata perusahaan.

5. Emotional Intelligence
Apakah Anda pernah merasa khawatir dengan keberadaan teknologi artificial intelligence yang terus bermunculan karena khawatir banyak posisi akan tergantikan?

Namun perlu diketahui bahwa ada satu hal yang tidak bisa dilakukan oleh robot yaitu emotional intelligence. Robot tidak bisa membaca situasi, orang lain, dan memahami bagaimana peran dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.

Emotional intelligence tetap akan dibutuhkan sampai kapanpun karena kemampuan ini tidak bisa digantikan oleh teknologi.

Nah berikut tadi adalah 5 soft skill penting yang perlu Anda pelajari. Semoga bermanfaat!(*)

Editor: Redaksi
Tags Soft skill Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS