Ini Ternyata Penyebab Tragedi Lift Jatuh di Sekolah Az-Zahra

M. Iqbal Pratama - Kamis, 06 Juli 2023 19:20
Ini Ternyata Penyebab Tragedi Lift Jatuh di Sekolah Az-ZahraTragedi lift di sekolah Az-Zahra Bandar Lampung diduga terjadi karena lemahnya pengawasan dan penerapan keselamatan kerja (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Tragedi lift di sekolah Az-Zahra Bandar Lampung diduga terjadi karena lemahnya pengawasan dan penerapan keselamatan kerja, terhadap kegiatan pekerja renovasi lapangan futsal yang berada di lantai lima gedung.

Dirreskrimum Polda Lampung, Kombes Pol Reynold Panggabean Hutagalung mengatakan dugaan itu muncul karena polisi menemukan lift yang digunakan oleh pekerja seharusnya hanya digunakan untuk mobilitas barang.

Tak hanya itu, dari hasil olah tempat kejadian perkara (TKP) diketahui bahwa lift barang itu putus pada tali katrol saat ditumpangi oleh sembilan pekerja. Katrol itu putus karena kelebihan muatan dan langsung terperosok ke lantai dasar.

"Secara logika kami melihat beban yang ditanggung lift terlalu berat, karena sesungguhnya ini liftnya yang untuk barang," kata Reynold pada Kamis, 6 Juli 2023.

Reynold menjelaskan saat ini pihak kepolisian terus melakukan pendalaman soal tragedi lift di sekolah Az Zahra. Kepolisian juga akan meminta data-data terkait proyek pembangunan itu guna mengetahui adanya kelalaian ihwal penerapan prosedur K3.

"Polisi sudah memeriksa empat orang saksi sejak peristiwa itu diketahui. Kemudian ada dua saksi lagi dari pihak yayasan untuk dimintai keterangan lebih lanjut," katanya.

Sementara itu, Kepala SMP Az Zahra, Iqbal Hafidz memberikan tanggapan terkait peristiwa itu. Menurutnya, saat kejadian pihak sekolah sedang tidak berada di lokasi, sbab saat ini sedang dalam masa libur.

"Saat kejadian kemarin pihak yayasan sedang tidak di sini, hanya ada sejumlah karyawan," jelasnya. (IQB)

Editor: Redaksi
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS