Ini Penyebab Facebook, WhatsApp dan Instagram Down

Eva Pardiana - Selasa, 05 Oktober 2021 01:03
Ini Penyebab Facebook, WhatsApp dan Instagram Down Ini Penyebab Facebook, WhatsApp dan Instagram Down (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG – Aplikasi media sosial milik Mark Zuckerberg, yakni Facebook, WhatsApp, dan Instagram, down alias tidak bisa digunakan sejak Senin (4/10/2021) malam.

Berdasarkan pantauan KabarSiger hingga Selasa (5/10/2021) pada pukul 01.00 WIB, aplikasi besutan Zuckerberg yang memiliki kekayaan US$116,1 miliar setara Rp1.683 triliun itu masih tidak berfungsi.

Di laman situs mikrobloging Twitter, kata WhatsApp, tanda pagar (hashtag) #instagramdown dan #facebookdown serta Mark Zuckerberg berbarengan merajai trending topic.

Para pengguna aplikasi itu tidak dapat mengirimkan pesan apapun. Tidak hanya di Indonesia, ketiga aplikasi sosial media itu juga tidak dapat digunakan di sebagian besar wilayah dunia.

Downdetector menunjukkan ada lebih dari 20.000 insiden orang yang melaporkan masalah dengan Facebook dan Instagram.

Sementara itu, platform pesan instan raksasa media sosial WhatsApp tidak tersedia untuk lebih dari 14.000 pengguna, sementara Messenger tidak tersedia untuk hampir 3.000 pengguna.

Downdetector hanya memantau pemadaman dengan menyusun laporan status dari berbagai sumber, termasuk kesalahan yang diajukan pengguna pada platformnya. Pemadaman dapat dialami lebih banyak orang.

WhatsApp juga menjadi trending di Twitter Inc, dengan lebih dari 850.000 tweet. Hingga saat ini, manajemen Facebook, WhatsApp, dan Instagram belum memberikan keterangan. (*)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Sukirno pada 05 Oct 2021 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS