Ini Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari Jumat

Eva Pardiana - Jumat, 29 Oktober 2021 07:29
Ini Keutamaan Membaca Surat Al-Kahfi di Hari JumatKeutamaan Membaca Surat Al-Kahfi (sumber: Kabar Siger/Eva Pardiana)

BANDARLAMPUNG – Umat muslim dianjurkan membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat atau hari Jumat. Sebab amalan ini merupakan sunnah dan bernilai pahala besar.

Tidak hanya itu, surat Al-Kahfi juga memberikan manfaat besar bagi umat muslim yang membacanya sebagaimana dikabarkan oleh Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Berikut hadits-hadits yang menjelaskan keutamaan membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat dan hari Jumat:

Hadits pertama:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471).

Hadits kedua:

مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470).

Semoga kita semua diberikan kelapangan untuk senantiasa membaca surat Al-Kahfi serta melaksanakan amal soleh lainnya di hari yang baik ini. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS