Ini Dia Penyebab di Balik Kerja Lupa Waktu, Kenali Flow State

Redaksi - Kamis, 23 Februari 2023 21:32
Ini Dia Penyebab di Balik Kerja Lupa Waktu, Kenali Flow StateTak sadar Anda telah bekerja berjam-jam lamanya dengan sangat fokus. Jika iya Anda mungkin sedang mengalami keadaan flow state. (sumber: Pexels)

JAKARTA - Apakah Anda pernah melakukan sesuatu hingga lupa waktu? Tak sadar Anda telah bekerja berjam-jam lamanya dengan sangat fokus. Jika iya Anda mungkin sedang mengalami keadaan flow state.

Flow state memberikan perasaan bahagia, puas, dan relaks untuk mereka yang tengah mengalaminya.

Saking menariknya, seorang psikolog Hungaria-Amerika bernama Mihaly Csikszentmihalyi menghabiskan seluruh hidupnya untuk meneliti topik ini.

Melansir dari laman website psychology today, Mihaly menggambarkan flow state dalam wawancaranya dengan majalah Wired sebagai kondisi dimana seseorang terlibat secara penuh dalam suatu aktivitas untuk kepentingannya sendiri. Setiap tindakan, gerakan, dan pemikirannya larut seperti sedang bermain jazz. Mereka juga menjadi lupa waktu dan ego karena fokus menggunakan keahlian mereka secara maksimal.

Mihaly juga menambahkan bahwa untuk mencapai flow state, seseorang harus menemukan sesuatu yang menantang sekaligus sesuai dengan keterampilannya.

Klien Mihaly kebanyakan mencapai kondisi flow state ketika mereka sedang membaca, bermain musik, berlatih bela diri, berdoa, meditasi, mendiptakan karya seni, fotografi, hingga berenang. Ketika berhasil mencapainya, klien-klien Mihaly mengaku merasa terpenuhi, ingin tahu, hidup dan puas.

Namun, tak mustahil kondisi flow state juga dapat dicapai ketika Anda sedang bekerja. Melansir dari laman website verywellmind, flow state adalah keadaan yang dinamis dan selalu berubah-ubah. Jadi ketika keterampilan Anda meningkat, Anda juga perlu untuk terus menyesuaikan tingkat tantangan untuk membantu memulai mencapai flow state lagi.

Mencapai keadaan flow state bisa menjadi cara yang bagus untuk membuat aktivitas yang Anda lakukan lebih menarik dan menyenangkan. Mereka yang sudah mencapainya akan memberikan hasil yang lebih baik untuk pekerjaan mereka dan juga terus meningkatkan keterampilan. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan

RELATED NEWS