IKN Lokasi Pusat Puncak Hari Lingkungan Sedunia 2023

Yunike Purnama - Sabtu, 10 Juni 2023 19:34
IKN Lokasi Pusat Puncak Hari Lingkungan Sedunia 2023Diawali dengan pembukaan bersepeda “Road to IKN” pelaksanaan puncak Hari Lingkungan Sedunia 2023. (sumber: Ist)

BALIKPAPAN - Diawali dengan pembukaan bersepeda “Road to IKN” pelaksanaan puncak Hari Lingkungan Sedunia 2023 dilaksanakan. Start bersepeda Road to IKN di Lapangan Merdeka pada Sabtu, 10 Juni 2023. Bersepeda berlangsung selama dua hari 10-11 Juni 2023.

Pelepasan pesepeda Road to IKN dilepas oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), Siti Nurbaya. Fun bike ini diikuti 425 peserta. Terdiri atas 378 peserta laki-laki dan 47 perempuan. Acara ini tersebar di 135 titik di Indonesia dan diikuti 52 usaha.

Pada puncak Hari Lingkungan Sedunia ini juga dipusatkan di Ibu Kota Nusantara (IKN). Di mana Kementerian Lingkungan Hidup memperkenalkan IKN kepada masyarakat serta mempromosikan destinasi wisata di IKN dan kabupaten atau kota penyangga. 
"Road to IKN ini berjarak tempuh 102,3 kilometer (km). Titik awal di Lapangan Merdeka dan titik akhir di Titik Nol IKN," kata Sigit.

Selain penyerahan medali, di Titik Nol IKN para peserta juga akan mengikuti acara penanaman pohon. Sigit mengatakan hal ini dilakukan untuk mengajak peserta mengambil bagian dalam aksi menciptakan langit biru dan mengedukasi peserta dengan gaya hidup sehat yang rendah emisi.
Rute Road to IKN
Etape I Road to IKN dimulai Sabtu pagi dari Lapangan Merdeka, Kota Balikpapan. Akan berakhir di kediaman dinas Bupati Penajam Paser Utara berjarak 99,5 km.

Etape II berlanjut Minggu pagi dengan jarak 27,5 km. Peserta bersepeda dari kediaman dinas Bupati Penajam Paser Utara menuju Zona Rimba Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP). Para peserta akan menanam pohon serentak dan selanjutnya finish di Titik Nol IKN.
"Keseluruhan rute Road to IKN melintasi tiga wilayah, yaitu Kota Balikpapan, Kabupaten Kutai Kartanegera, dan Kabupaten Penajam Paser Utara," kata Sigit.

Bersih pantai

Peringatan HLH Sedunia 2023 juga dimeriahkan dengan kegiatan bersih pantai secara serentak di 135 titik lokasi di 37 provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah peserta sebanyak 21.324 orang dengan lokasi utama di Pantai Banua Patra, Kota Balikpapan.

"Ketika pantai dan sungai sudah bersih, maka kita dapat menikmatinya, termasuk anak cucu kita nanti," kata dia.

Kegiatan bersih pantai masih akan tetap dilaksanakan hingga 1 Juli mendatang di 45 lokasi dengan estimasi 7.078 peserta. Sehinggal, total ada 180 titik dengan peserta 28.402 orang.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS