iPhone dan Android Bisa Jadi Perangkat Berbahaya, Kalau Kamu Tak Lakukan Hal Ini

Yunike Purnama - Kamis, 05 Januari 2023 10:26
iPhone dan Android Bisa Jadi Perangkat Berbahaya, Kalau Kamu Tak Lakukan Hal IniIlustrasi smartphone android dan iPhone (sumber: Unsplash )

BANDAR LAMPUNG - Jika smartphone kamu tidak menjalankan perangkat lunak terbaru, itu menjadi perangkat yang berbahaya. Apple dan Google secara rutin merilis perbaikan keamanan untuk iPhone dan Android.

Hal tersebut datang dalam bentuk pembaruan perangkat lunak, untuk menambah celah yang bisa dimanfaatkan hacker untuk menyerang perangkat kamu.

Jika kamu tidak menginstal pembaruan terbaru, bisa berisiko terkena serangan siber membuat peretas mengambil kendali atas perangkat.

Mengutip The Sun, Kamis, 4 Januari 2023 hacker juga bisa mengakses foto dan video pribadi, info sensitif, serta rekening bank atau dana online lainnya.

Pembaharuan iPhone

Apple sendiri memberikan pembaruan iOS terbaru ke iPhone secara bersamaan. Versi terbaru saat ini adalah iOS 16.2, memberi kamu perlindungan terbaik.

Untuk memeriksa versi iOS yang ada di iPhone, buka Pengaturan > General (Umum) > Pembaruan Perangkat Lunak.

Jika kamu menggunakan perangkat lunak versi lama, ikuti petunjuk di layar perangkat untuk memperbarui. Bila seri iPhone yang kamu miliki sudah sangat jadul, kemungkinan kamu tidak dapat menerima pembaruan terbaru.

Kondisi ini tentu bisa sangat berbahaya, sehingga kamu harus segera mempertimbangkan untuk membeli perangkat yang lebih baru.

Pembaharuan Android 

Sementara itu, ponsel Android agak tricky karena pembaruan terbaru tidak meluncur untuk semua pengguna pada waktu bersamaan. Pembaruan terbaru akan tergantung pada model smartphone kamu.

Google merilis pembaruan Android 13 versi awal pada 2022, dan saat ini sudah tersedia secara luas. Maka dari itu, periksa untuk melihat apakah kamu sudah mendapatkan update terbaru dengan masuk ke Pengaturan> Tentang Ponsel> Versi Android.

Di situlah kamu dapat melihat apakah kamu mendapatkan pembaruan Android terbaru. Kamu juga bisa memeriksa untuk mengetahui pembaruan keamanan Android terbaru.

Google merilis tambalan keamanan 2022-12-05 pada Desember 2022. Untuk memperbarui ponsel Android kamu, buka Pengaturan > Sistem > Pembaruan Sistem. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS