Hyundai Menjadi Produsen Mobil Listrik Terlaris di Indonesia

Yunike Purnama - Jumat, 08 September 2023 04:37
Hyundai Menjadi Produsen Mobil Listrik Terlaris di IndonesiaHyundai Motor telah menjadi pemimpin puncak pasar kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Hyundai mampu mengguncang industri otomotif Indonesia dengan popularitas model andalannya, IONIQ 5. (sumber: Hyundai)

JAKARTA - Hyundai Motor telah menjadi pemimpin puncak pasar kendaraan listrik (EV) di Indonesia. Hyundai mampu mengguncang industri otomotif  Indonesia dengan popularitas model andalannya, IONIQ 5.

Dilansir dari Koreatime, Selasa, 5 September 2023, dalam laporan terbaru perusahaan mengumumkan  mereka telah menjual sebanyak 3.913 kendaraan listrik di Indonesia dari Januari hingga Juli, serta menguasai pangsa pasar sebesar 56,5 persen.  Angka ini mengungguli saingannya, lebih dari dua kali lipat, Wuling, yang hanya menguasai pasar sebesar 28,1 persen dengan penjualan 1.944 kendaraan listrik pada periode yang sama.

Prestasi ini menandai pencapaian Hyundai Motor sebagai pemimpin utama di pasar kendaraan listrik Indonesia. Selain itu, negara ini juga berpotensi menjadi basis produksi mboil Hyundai untuk pasar Asia Tenggara, sejalan dengan strategi perusahaan.

Salah satu langkah strategis yang diambil oleh Hyundai Motor adalah memproduksi IONIQ 5 secara lokal di Indonesia. Model ini menjadi EV pertama yang diproduksi secara lokal oleh produsen mobil di negara tersebut. Keberhasilan strategi ini tercermin dalam kenaikan pangsa pasar Hyundai Motor, dari peringkat ke-13 pada tahun 2021 menjadi peringkat keenam pada tahun ini hingga Juli.

Selama periode ini, penjualan Hyundai Motor di Indonesia mengalami peningkatan dari 3.005 unit penjualan pada tahun 2021, melonjak lebih dari sepuluh kali lipat menjadi 31.965 unit pada tahun 2022, ketika produksi lokal dimulai. Hingga paruh pertama tahun ini, perusahaan berhasil menjual sebanyak 20.065 kendaraan

Selain berfokus pada penjualan kendaraan listrik, Hyundai Motor juga mengumumkan kerja sama strategis dengan Lippo Malls Indonesia. Melalui nota kesepahaman ini, kedua belah pihak berencana untuk memasang stasiun pengisian kendaraan listrik (EV Charging Station) di 52 mal yang dioperasikan oleh Lippo Malls Indonesia. Kerjasama ini akan membantu mendorong lebih banyak konsumen untuk beralih ke kendaraan listrik dan mendukung infrastruktur pengisian yang lebih baik di seluruh negeri.

Kepemimpinan Hyundai Motor di pasar kendaraan listrik Indonesia dan investasi strategisnya dalam produksi lokal serta infrastruktur pengisian listrik menjanjikan perkembangan yang lebih lanjut dalam industri otomotif Indonesia yang semakin berorientasi pada keberlanjutan. (*)

Editor: Redaksi
Tags kendaraan listrikBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS