Hari Ini Harbolnas Tingkat ASEAN, Apa saja Rangkaiannya?

Yunike Purnama - Sabtu, 19 Agustus 2023 05:56
Hari Ini Harbolnas Tingkat ASEAN, Apa saja Rangkaiannya?Pada hari ini Sabtu19 Agustus 2023 Indonesia menggelar Hari Belanja Online atau biasa disebut Harbolnas tingkat ASEAN. (sumber: ISt)

JAKARTA - Pada hari ini Sabtu19 Agustus 2023, Indonesia menggelar Hari Belanja Online atau biasa disebut Harbolnas tingkat ASEAN. Acara tersebut merupakan bagian dari rangkaian Pertemuan Menteri Ekonomi ASEAN atau ASEAN Economic Minister (AEM) yang ke-55.

Direktur Jenderal Perundingan Perdagangan Internasional Kementerian Perdagangan RI, Djatmiko Bris Witjaksono, menyebutkan nantinya Harbolnas tingkat ASEAN ini akan memiliki nama resmi ASEAN Online Sales Day dan nantinya akan dilaksanakan di sela-sela acara AEM ke-55.

Djatmiko percaya dengan hadirnya Harbolnas ASEAN pada 19 Agustus 2023 mendatang, para pelaku usaha khususnya Usaha Mikro, Kecil, Menengah (UMKM) akan dapat difasilitasi agar dapat memasarkan produk-produknya ke kancah internasional khususnya negara-negara ASEAN.

Djatmiko menyebutkan, nantinya saat pelaksanaan Harbolnas ASEAN, para pelaku usaha dari berbagai negara anggota ASEAN akan berkumpul di Semarang, Jawa Tengah. Akan tetapi, aktivitas penjualan produk akan tetap dilakukan secara daring melalui sebuah portal.

“Akan ada transaksi, jadi selain tampil di dunia maya, mereka juga akan tampil di dunia nyata. Akan diluncurkan pada tanggal 19 Agustus 2023,” ujar dia dikutip dari Antara.

Djatmiko mengatakan pada kesempatan kali ini merupakan yang pertama kalinya Harbolnas ASEAN peluncuran perdananya dilakukan secara luring menyusul banyaknya berbagai pelonggaran aturan setelah COVID-19. 

Acara tersebut sebenarnya pertama kali diinisiasi pada 3 tahun yang lalu lebih tepatnya ketika COVID-19 dan dilakukan secara online. Inisiatif tersebut muncul karena perdagangan online dinilai menjadi mesin penggerak ekonomi sektor riil saat terjadinya pembatasan-pembatasan sosial akibat COVID-19.

AEM ke-55 akan dilaksanakan pada 17-22 Agustus 2023 di Semarang, Jawa Tengah. AEM ke-55 akan melibatkan 19 pertemuan antara menteri-menteri ekonomi negara anggota ASEAN dan menteri ekonomi negara mitra dialog ASEAN. Pada AEM ke-55 ini Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan akan memimpin delegasi Indonesia.(*)

 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS