Harga Kedelai Naik, Produsen Tahu Kurangi Produksi dan Kecilkan Ukuran

Yunike Purnama - Senin, 21 November 2022 12:09
Harga Kedelai Naik, Produsen Tahu Kurangi Produksi dan Kecilkan UkuranUpaya dalam mengatasi kenaikan harga kedelai tersebut para produsen pembuat tahu akhirnya memilih mengurangi ukuran tahu dan jumlah produksi yang biasa dijual ke konsumen. (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabar Siger )

BANDAR LAMPUNG -  Harga kedelai tembus14.500/kg pada Senin, 21 November 2022. Upaya dalam mengatasi kenaikan harga kedelai tersebut para produsen pembuat tahu akhirnya memilih mengurangi ukuran tahu dan produksi yang biasa dijual ke konsumen.

Asep salah satu pembuat Tahu mengaku, kenaikan harga kedelai tersebut sejak 2 bulan terakhir, yang mana harga kedelai sebelumnya dikisaran Rp12.500/kg dan hari ini melonjak menjadi Rp14.500/kg.

Dengan harga yang tinggi, Asep mengakalinya dengan mengubah ukuran tahu yang ia produksi menjadi lebih kecil.

"Kita kecilkan sedikit ukurannya agar tidak terlalu rugi, selain itu pengurangan produksi juga dilakukan dari sebelumnya memproduksi 1.200 kg per hari kini hanya 700 kg perhari,"kata Asep saat ditemui pada Senin, 21 November 2022.

Dirinya juga mengatakan akan menaikan harga tahu jika kondisi harga kedelai terus menerus melonjak tinggi.

"Mungkin nanti kita akan menaikan harganya , tapi saat ini kita liat dulu aja bagaiman perkembangannya," ujarnya

Lanjutnya, Asep juga meminta kepada pemerintah setempat agar dapat menormalkan kembali harga kedelai yang saat ini melambung tinggi.

"Kita pakai kedelai impor dari Amerika, karena kalau dari dalam negeri, kurang mengembang. Sehingga dapatnya hanya sedikit. Jadi kalau bisa harga kedelai impor ini kalau bisa jangan diatas Rp10 ribu," harapnya.(IQB)

Editor: M. Iqbal Pratama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS