Harga Kakao dan Bijih Besi Terbang Tinggi pada 2023

Yunike Purnama - Sabtu, 30 Desember 2023 17:32
Harga Kakao dan Bijih Besi Terbang Tinggi pada 2023 Harga kakao dan bijih besi melonjak pada tahun 2023. Sementara harga gas alam dan batu bara anjlok, dengan sebagian besar produk pertanian diperkirakan akan mengungguli energi dan logam industri di Tahun Baru di tengah kendala pasokan dan cuaca kering. (sumber: Reuters)

JAKARTA - Harga kakao dan bijih besi melonjak pada tahun 2023. Sementara harga gas alam dan batu bara anjlok, dengan sebagian besar produk pertanian diperkirakan akan mengungguli energi dan logam industri di Tahun Baru di tengah kendala pasokan dan cuaca kering.

Thomson Reuters/CoreCommodity CRB Excess Return Index (.TRCCRB), yang mencakup lebih dari selusin komoditas seperti minyak, emas, gula, dan tembaga, akan turun 4% untuk tahun 2023 setelah kenaikan suku bunga meredam pertumbuhan global dan mengguncang pasar keuangan.

Harga kakao naik 72% ke level tertinggi dalam beberapa dekade karena pasokan yang terbatas. Sementara bijih besi naik hampir 55% karena China berupaya menopang sektor propertinya.

Tetapi harga gas alam dan batu bara anjlok dari rekor tertinggi tahun 2022 setelah invasi Rusia ke Ukraina, termasuk yang paling merugi karena produsen meningkatkan pasokan dan permintaan mereda.

“Awal yang hangat untuk musim dingin ini telah membuat harga mengempis sejauh ini, dan jika tetap hangat seperti perkiraan, sebagian besar wilayah akan dapat melewati musim dingin ini dengan nyaman, dengan lebih banyak cadangan untuk musim dingin tahun depan,” kata analis Rystad energy Lu Ming Pang.

Analis Macquarie mengatakan dalam sebuah catatan, mereka memperkirakan pelemahan harga komoditas agregat akan berlanjut pada tahun 2024, dengan pertumbuhan ekonomi AS akan segera terhenti dan pertumbuhan Eropa dan China kemungkinan akan tetap hangat.

Penyumbang Terbaik

Harga kakao berjangka New York naik ke level tertinggi dalam 46 tahun tahun ini dan diperkirakan akan tetap kuat pada tahun 2024, didukung oleh panen yang buruk di wilayah penghasil utama, Afrika Barat, di mana penyebaran penyakit tunas yang membengkak akibat virus telah melanda tanaman.

Menurut Capital Economics dalam catatan, pasokan yang terbatas bersamaan dengan permintaan musiman yang tinggi kemungkinan akan mendukung harga kakao yang tinggi hingga 2024, hingga pasokan baru tiba pada Oktober, awal musim tanam berikutnya.

Untuk bijih besi, upaya China guna menghidupkan kembali sektor propertinya yang terkepung dan menopang pemulihan ekonomi pasca-pandemi yang tidak merata mendorong harga, dengan lebih banyak kenaikan diharapkan pada awal 2024.

“Kebijakan mendukung di pasar properti, ditambah dengan harapan stimulus ekonomi lebih lanjut selama pertemuan pengambilan keputusan puncak pada bulan Desember, bertindak sebagai pendorong,” ujar Pei Hao, seorang analis di FIS yang berbasis di Shanghai, dikutip dari Reuters, Jumat, 29 Desember 2023.

Guncangan Pasokan Pangan

Cuaca panas dan kering akibat El Nino telah mempengaruhi produksi beras, kopi, dan gula global, sehingga mendukung kenaikan harga. Guncangan pasokan di pasar beras membuat India membatasi ekspor, mendorong harga bahan pokok yang paling banyak dikonsumsi di dunia ke level tertinggi dalam 15 tahun dan memicu tekanan inflasi pangan.

Harga beras di pusat pengekspor utama Asia, telah naik lebih dari 40% pada tahun 2023 dan cuaca buruk diperkirakan akan semakin mengurangi produksi awal tahun depan. Pasokan yang menyusut juga memicu reli harga kopi, dengan robusta naik hampir 60% pada tahun 2023.

Produksi gula di India akan tertinggal dari konsumsi untuk pertama kalinya dalam tujuh tahun, dan penanaman yang lebih rendah dapat memaksa produsen terbesar kedua di dunia untuk berubah menjadi importir bersih.

Gandum, jagung, dan kedelai menuju kerugian pada tahun 2023, tetapi harga tetap rentan terhadap cuaca El Nino yang merugikan, pembatasan ekspor, dan mandat biofuel yang lebih tinggi. Produksi minyak sawit kemungkinan akan turun tahun depan karena El Nino, mendukung harga minyak goreng yang turun lebih dari 10% pada tahun 2023.

Meningkatnya Pasokan Energi

Kenaikan pasokan minyak, gas, dan batu bara dapat membebani harga untuk tahun kedua pada tahun 2024. Minyak mentah berjangka Brent dan West Texas Intermediate (WTI) turun sekitar 7% tahun ini, turun untuk pertama kalinya dalam tiga tahun, meskipun ada rekor permintaan minyak global dan penurunan pasokan yang lebih dalam dari OPEC+.

Pertumbuhan produksi non OPEC akan mendominasi pada tahun 2024, dengan S&P Global Commodity Insights memperkirakan rekor produksi minyak mentah dan cairan di AS, Brasil, dan Kanada. Macquarie memperkirakan harga Brent dan WTI rata-rata US$77 dan US$73 per barel pada tahun 2024.

Gas alam cair spot Asia dan batubara berjangka Newcastle Australia anjlok lebih dari 50% dari rekor tertinggi tahun lalu, karena permintaan dari Eropa mereda, sementara China dan India meningkatkan produksi batu bara untuk mencegah terulangnya kejutan energi tahun lalu.

Prospek Beragam untuk Logam

Dolar AS yang lebih lemah dan imbal hasil Treasury di tengah meningkatnya ekspektasi bahwa Federal Reserve akan mengakhiri pengetatan kebijakan moneternya, membantu emas berpacu menuju tahun terbaiknya dalam tiga tahun dan melihat skala harga tertinggi sepanjang masa di atas $2.100 bulan ini.

Citi memperkirakan harga emas dan perak akan naik pada pertengahan 2024 karena permintaan logam yang kuat sebagai lindung nilai terhadap risiko penurunan pada ekuitas dan properti pasar negara maju.

Untuk logam industri, nikel, turun lebih dari 40% pada tahun 2023, menjadi yang paling merugi, tertekan oleh pasokan yang lebih tinggi di produsen papan atas Indonesia dan China.

Harga diperkirakan akan tetap di bawah tekanan pada tahun 2024 di tengah surplus global untuk logam yang digunakan dalam baja tahan karat dan baterai kendaraan listrik.

Permintaan China yang lebih lemah dari perkiraan dan kenaikan suku bunga AS membebani harga, yang pulih dalam beberapa bulan terakhir karena gangguan pasokan akibat penutupan tambang di Panama.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS