Harga Ikan di Bandar Lampung Melonjak

Eva Pardiana - Senin, 23 September 2024 17:28
Harga Ikan di Bandar Lampung MelonjakSalah satu pedagang ikan di Pasar Gudang Lelang, Bandar Lampung. (sumber: Winda Adelia dan Arfa Ivanda)

BANDAR LAMPUNG – Harga ikan di Bandar Lampung mengalami kenaikan signifikan dalam beberapa hari terakhir. Pantauan di salah satu sentra penjualan ikan Pasar Gudang Lelang, beberapa jenis ikan seperti simba, cuwe, cumi dan udang mengalami lonjakan harga yang cukup tajam.

Lirip, seorang pedagang ikan di pasar tersebut, menyampaikan bahwa pasokan ikan dan hasil laut lainnya menurun, sehingga menyebabkan kenaikan harga.

"Kenaikan harga ini disebabkan oleh bulan purnama. Biasanya kapal-kapal besar libur selama seminggu ketika terang bulan, dan baru kembali melaut setelah bulan gelap, barulah banyak ikan yang masuk lagi," jelas Lirip, Senin (23/9/2024).

Harga ikan cuwe yang sebelumnya dijual dengan harga Rp40.000 per kilogram kini melonjak menjadi Rp50.000 per kilogram. Selain itu, cumi dan udang yang sebelumnya seharga Rp50.000 per kilogram kini naik drastis menjadi Rp80.000 per kilogram.

Meskipun ada kenaikan harga, Lirip mengatakan bahwa penjualan ikan cenderung stabil, terutama di hari-hari tertentu.

"Biasanya ramai dari Jumat hingga Minggu, apalagi kalau sudah masuk tanggal muda. Kalau tanggal tua, baru mulai sepi," tambahnya.

Para pedagang merasa dampak dari kenaikan harga ini, termasuk Lirip yang mengungkapkan kekhawatirannya.

"Kami terpaksa menaikkan harga jual untuk menutupi biaya, tapi kami juga khawatir penjualan akan menurun karena harga yang naik," ujarnya. (*)

Reporter: Winda Adelia dan Arfa Ivanda

Bagikan

RELATED NEWS