Harga Emas Dunia Naik, Tunggu Data Inflasi AS

Yunike Purnama - Sabtu, 11 Februari 2023 09:15
Harga Emas Dunia Naik, Tunggu Data Inflasi ASjelang Lebaran, harga emas batangan turun. (sumber: iStockphoto )

JAKARTA - Harga emas bergerak lebih tinggi pada hari Jumat. Sementara pasar menunggu data inflasi AS minggu depan yang dapat mempengaruhi lintasan kebijakan moneter Federal Reserve.

Dikutip dari CNBC pada Sabtu, 11 Februari 2023 harga emas di pasar spot naik 0,2 persen menjadi USD 1.864,10 per ons. Harga emas berjangka AS untuk pengiriman Februari ditutup 0,2 persen lebih rendah pada USD 1.874,50 per ons.

Investor menunggu data harga konsumen AS yang akan dirilis pada 14 Februari. Sementara banyaknya kekhawatiran akan resesi global, reli yang kuat di pasar dunia menunjukkan optimisme kembali, yang dapat meringankan siklus kenaikan suku bunga Fed.

Indeks harga konsumen naik tipis 0,1 persen pada bulan Desember daripada turun 0,1 persen seperti yang dilaporkan bulan lalu. Sementara data Selasa depan kemungkinan akan menunjukkan CPI naik 0,4% bulan ke bulan, menurut untuk survei Reuters ekonom.

"Kita harus melihat kemajuan yang signifikan dan berkelanjutan di depan inflasi sebelum otoritas di sisi moneter akan merasa nyaman untuk membiarkan suku bunga berporos lebih rendah," kata Bart Melek, kepala strategi pasar komoditas di TD Securities.

Indeks dolar AS berada di jalur untuk kenaikan mingguan 0,7 persen. Selain itu, hasil patokan mencapai tertinggi dalam lebih dari sebulan.

Harga emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi, namun suku bunga yang lebih tinggi cenderung meningkatkan biaya peluang untuk memegang aset yang tidak memberikan imbal hasil.

Pasar uang sekarang mengharapkan puncak dalam siklus suku bunga Fed saat ini sekitar 5,15 persen pada bulan Juli.

"Laporan CPI AS minggu depan dapat memainkan peran besar di mana (emas) mengarah berikutnya, dengan tekanan ke atas lebih lanjut pada imbal hasil berpotensi bertindak sebagai beban mati jika kita menembus di bawah support USD 1.850," kata Michael Hewson, kepala analis pasar di CMC Markets, dalam sebuah catatan. (*)
 

Editor: Redaksi
Tags harga emas duniaBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS