Harga Dunia Turun, Ternyata Ini Penyebabnya

Yunike Purnama - Kamis, 30 Maret 2023 08:49
Harga Dunia Turun, Ternyata Ini PenyebabnyaIlustrasi emas batangan (sumber: Pixabay)

BANDARLAMPUNG - Harga emas tergelincir pada perdagangan Rabu karena ekuitas yang optimis dan kurs dolar yang lebih kuat. Tetapi penurunan safe-haven bullion sejauh ini cukup terkendali, menandakan kekhawatiran yang masih ada tentang sektor perbankan.

Dikutip dari CNBC, Kamis (30/3/2023) harga emas di pasar spot turun 0,5 persen ke level USD 1.964,41 per ons. Sedangkan harga emas berjangka AS tergelincir 0,4 persen menjadi USD 1.965,50.

Ini berisiko di pasar ekuitas di mana saham naik,” kata Ahli Strategi Pasar Senior RJO Futures Bob Haberkorn.

Indeks utama bursa Wall Street naik karena kekhawatiran tentang tekanan di sektor perbankan mereda. Sementara imbal hasil Treasury berbalik arah dan turun, bahkan ketika ketidakpastian masih melekat di kalangan investor obligasi mengenai prospek ekonomi.

Kurs dolar naik sekitar 0,3 persen terhadap sebagian besar mata uang utama dunia. Dolar yang lebih kuat membuat harga emas batangan lebih mahal bagi pembeli di luar negeri.

“Pasar perlahan-lahan bergerak melampaui masalah perbankan AS dan Eropa karena selera risiko merayap kembali ke pasar. Namun, pengamat pasar veteran percaya itu terlalu dini untuk sirene ‘semua jelas’ mengenai masalah ini,” kata Analis Senior Kitco Metals Jim Wyckoff.

Inflasi

Investor akan melihat ke pengukur inflasi utama, indeks harga Pengeluaran Konsumsi Pribadi (PCE) inti, diharapkan pada akhir minggu untuk petunjuk lebih lanjut tentang rencana pengetatan moneter Fed.

 “Kami akan berada di sekitar level USD 2.000 (per ons) sampai kami tiba di pertemuan Fed berikutnya... The Fed adalah penggerak di pasar untuk logam mulia,” kata Haberkorn.

Investor menilai sekitar 40 persen peluang kenaikan 25 basis poin pada bulan Mei, menurut alat CME FedWatch. Suku bunga yang lebih tinggi cenderung menumpulkan daya tarik emas tanpa hasil.

Di tempat lain, harga perak naik 0,4 persen menjadi USD 23,34 per ons, platinum naik 0,6 persen menjadi USD 969,35. Sementara harga paladium bertambah 1,1 persen menjadi USD 1.435,54. (*)

Editor: Redaksi
Tags harga emas duniaBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS