Harga Cabai Rawit Kian Pedas, Tembus Rp80 Ribu per Kg

Eva Pardiana - Kamis, 02 Juni 2022 13:32
Harga Cabai Rawit Kian Pedas, Tembus Rp80 Ribu per KgPedagang bumbu dapur di Pasar Induk Way Halim, Kamis, 2 Juni 2022. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Harga cabai rawit di Kota Bandar Lampung terus mengalami kenaikan yang signifikan. Berdasarkan pantauan Kabarsiger.com di Pasar Induk Way Halim, harga cabai merah tembus Rp80 ribu per kilogram. Sebelumnya harga berada di angka Rp30 ribu.

Tidak hanya cabai rawit, kenaikan juga dialami komoditas bawang merah.  Harganya mencapai Rp50 ribu per kilogram. Naik dua kali lipat dari harga sebelumnya yang hanya Rp25 ribu.

’’Dua bumbu dapur itu akhir-akhir ini memang mahal jika dibandingkan Lebaran lalu,’’ ungkap El salah satu pedagang Pasar Induk Way Halim pada Kamis, 2 Juni 2022.

Menurutnya, naiknya harga cabai rawit dan bawang merah belakangan dipicu banyak faktor. Selain ketersediaan pasokan menipis, cuaca yang tidak menentu belakangan juga menjadi penyebab. Selepas Lebaran, harga dua komoditas ini seakan kejar-kejaran.

Akibat mahalnya harga cabai rawit dan bawang merah, kedua komoditas ini sulit didapatkan di warung-warung kecil. Lusi, salah seorang ibu rumah tangga mengaku kesulitan mendapatkannya, karena beberapa pedagang tidak bisa melayani pembelian dengan jumlah sedikit

Tidak hanya itu, Lusi mengatakan kenaikan bumbu dapur utama ini juga menyebabkan dirinya kesulitan mengatur pengeluaran belanja keperluan dapur setiap harinya.

"Ya gimana ya namanya untuk kebutuhan pokok, mau gak mau kita juga harus beli," ujarnya.

Lusi berharap harga semua bahan pangan kembali normal, agar di tengah pemulihan ekonomi, masyarakat bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan harga yang stabil. (IQB)

RELATED NEWS