Habis Gajian Uang Langsung Habis? Solusinya ikuti 3 Tips Ini Yuk

Yunike Purnama - Sabtu, 10 Oktober 2020 17:23
Habis Gajian Uang Langsung Habis? Solusinya ikuti 3 Tips Ini YukIlustrasi (sumber: Pixabay)

Kabarsiger.com - Berada di rumah saja selama pandemi COVID-19 bisa membuat kita boros.

Meski melakukan segala aktivitas di rumah saja, itu semua tak menjamin pengeluaran jadi lebih hemat. Justru yang terjadi bisa sebaliknya, pengeluaran bisa lebih besar daripada pemasukan.

Faktor penyebabnya beragam, misalnya godaan belanja online, keasyikan main game online, hingga keseringan pesan makanan dan minuman manis kekinian.

Jika itu terus menerus dilakukan, bukan tak mungkin sehabis gajian uang kita langsung habis. Oleh karena itu, setelah gajian, kita harus pintar atur uang dengan menerapkan 3 tips hemat ini.

1. Buat To-Do List Sehabis Gajian

Kunci kesuksesan mengatur uang dimulai dengan membiasakan diri membuat catatan rencana keuangan atau to-do list sehabis gajian.

Tujuannya, kita jadi bisa mengetahui dengan jelas alokasi semua pengeluaran bulanan dengan baik.

Cara ini akan efektif membantu kita untuk menjadi lebih mindful ketika mengeluarkan uang. Tak perlu bingung harus mulai dari mana.

Berikut contoh to-do list keuangan bulanan yang bisa kita tiru.

2. Usahakan Tetap Menabung dan Investasi

Di saat kita mengalami situasi yang penuh dengan ketidakpastian, seperti halnya kapan wabah virus COVID-19 ini akan berakhir, jangan putus asa. Tetap fokus dengan tujuan keuangan kita.

Misalnya, memiliki tujuan keuangan jangka pendek seperti mudik dan liburan akhir tahun bersama keluarga setelah wabah cusai, jadi tetaplah menabung untuk mewujudkan tujuan keuangan tersebut.

Bagi yang memiliki penghasilan bulanan tetap dan pekerjaan dalam kondisi aman alias tidak terdampak virus COVID-19 bersyukurlah. Tetap jaga kesehatan, tetap menabung, investasi dan perkuat simpanan dana darurat.

Namun, bagi kita yang pemasukan terdampak, seperti gaji terpaksa dipotong atau baru saja terkena PHK. Tak perlu berkecil hati.

Bangun kembali semangat untuk mencari sumber penghasilan baru atau tambahan agar keuangan kembali sehat.

Jangan lupa, usahakan untuk menyisihkan dana untuk tabungan, investasi dan dana darurat meskipun porsinya sedikit.

3. Terapkan Hidup Sehat dan Hemat

Penyebaran virus corona membuat kita semua sadar pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

Selalu jaga kesehatan Sahabat NOVA dan keluarga. Biasakan diri mengkonsumsi makanan bergizi, rajin cuci tangan dan berolah-raga.

Biar hemat selama di rumah saja, cobalah memasak sendiri. Isi waktu luang dengan hal positif dan bermanfaat seperti memasak hingga membuat kue ketimbang beli makan dan jajan kopi delivery setiap hari.

Keuangan kita bisa-bisa minus. Jangan sampai ketagihan bayar pakai pay later terus-terusan untuk beli makanan, minuman dan jajanan enak. Padahal, kebiasaan beli makan diluar belum tentu sehat lho.

Mulai imbangi dengan memasak sendiri. Buatlah catatan menu makanan selama seminggu, pilihlah menu yang mudah dimasak dan bergizi.

Sesekali, kita bisa memanjakan diri, ketika lagi ngidam alias pengen makan-makanan enak menu restoran favorit, kita bisa pesan online. Ingat, jangan khilaf jajan ya!

Biar sehat, luangkan waktu berjemur agar tubuh mendapat asupan alami vitamin D. Lakukan antara pukul 10 pagi hingga 11 pagi.

Lalu, perbanyak minum air putih, dan makan buah-buahan serta rutin berolah-raga ringan seperti yoga, zumba atau latian cardio ringan selama di rumah.

Prinsipnya, beli dan belanja sesuai kebutuhan.

Latihlah diri agar terbiasa untuk membeli barang atau belanja sesuai dengan kebutuhan.

Segera temukan faktor penyebab kenapa pengeluaran lebih besar saat berada di rumah.

Bila perlu, stop cuci mata belanja online di e-commerce. Berfokuslah pada tujuan keuangan dan perlahan lunasi utang agar hidup jadi lebih tenang dan terhindar dari stres keuangan.(*)

Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS