Habbatussauda Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa Pandemi

Eva Pardiana - Rabu, 11 Agustus 2021 20:57
Habbatussauda Bantu Tingkatkan Daya Tahan Tubuh di Masa PandemiHabbatussauda (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG – Habbatussauda (Nigella sativa) atau jintan hitam dikenal sebagai salah satu obat herbal yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Dalam ilmu pengobatan Islam atau Thibbun Nabawi, Rasullullah menganjurkan mengonsumsi jintan hitam untuk mengobati berbagai penyakit.

Dari ‘Aisyah, Nabi bersabda, “Sungguh dalam habbatussauda itu terdapat penyembuh segala penyakit, kecuali as-sam.” Aisyah pun bertanya, “apakah as-sam itu?” Beliau menjawab, “kematian.” (HR Bukhari).

Ternyata habbatussauda mengandung banyak nutrisi, mulai dari protein, serat, zat besi, zinc, kalsium, fosfor, aneka vitamin, hingga berbagai jenis antioksidan, seperti flavonoid, thymoquinone, dan carvacrol.

Dirangkum dari Alodokter.com, 
beberapa manfaat habbatussauda bagi kesehatan, di antaranya:

Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Hal ini didukung beberapa penelitian yang membuktikan bahwa antioksidan dalam habbatussauda, seperti thymoquinone dan flavonoid, mampu memperkuat respons imun tubuh dalam melawan serangan penyakit, termasuk Covid-19.

Tak hanya itu, kandungan antioksidan dalam habbatussauda juga diketahui dapat meredakan peradangan dan menangkal efek radikal bebas pemicu beragam penyakit, seperti kanker dan penyakit degeneratif.

Melawan Infeksi Bakteri

Manfaat habbatussauda selanjutnya adalah melawan infeksi bakteri seperti E. Coli yang dapat menyebabkan diare atau P. aeruginosa penyebab pneumonia dan infeksi saluran kemih.

Meski demikian, penelitian mengenai manfaat habbatussauda untuk melawan infeksi bakteri pun masih terbatas pada uji coba di laboratorium, sehingga masih perlu diteliti lebih lanjut.

Selain kedua manfaat di atas, habbatussauda juga dipercaya memiliki beragam manfaat lain, seperti:
1. Melancarkan pencernaan
2. Menghilangkan sakit kepala
3. Meredakan gejala asma
4.  Menjaga tekanan darah
5. Mengatasi kolesterol tinggi
6. Mengontrol kadar gula darah dalam tubuh

Cara Tepat Memilih Produk Habbatussauda

Produk habbatussauda tersedia dalam berbagai bentuk sediaan, seperti pil, kapsul, atau sirup. Habbatusauda juga dapat dikombinasikan dengan tanaman herbal lain, seperti madu dan jahe.

Kombinasi tanaman herbal tersebut tentu akan memberikan khasiat yang lebih maksimal dalam meningkatkan daya tahan tubuh, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Produk habbatussauda dapat dengan mudah Anda temukan di pasaran, mulai dari warung kecil, supermarket, hingga online store.

Meski menawarkan banyak manfaat untuk kesehatan, Anda pun perlu lebih cermat dalam memilih produk habbatussauda yang aman. Berikut ini adalah beberapa panduan dalam memilih produk habbatussauda:

– Cek kemasan produk habbatussauda. Pastikan kemasan dalam keadaan baik dan tidak rusak, seperti sobek atau bolong.

– Pastikan produk habbatussauda yang Anda pilih belum sudah terdaftar di Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) agar teruji keamanan dan kualitasnya.

– Bacalah tanggal kedaluwarsa dan label pada kemasan yang memuat informasi tentang kandungan di dalam produk habbatussauda sebelum membelinya.

– Jika produk habbatussauda tidak memiliki label komposisi atau Anda merasa ragu, sebaiknya jangan beli produk tersebut.

Di masa pandemi Covid-19, habbatussauda dapat menjadi pilihan untuk memperkuat daya tahan tubuh. Pastikan produk yang Anda beli aman dikonsumsi, ya! (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS