Google Luncurkan OS Android 12L Versi Beta 2

Yunike Purnama - Kamis, 13 Januari 2022 19:24
Google Luncurkan OS Android 12L Versi Beta 2Google secara resmi meluncurkan sistem operasi (OS) terbarunya, yakni Android 12L. (sumber: AndroidCentral)

GOOGLE secara resmi meluncurkan sistem operasi (OS) terbarunya, yakni Android 12L. Namun, OS baru ini versi beta 2 sehingga masih dalam tahap uji coba.

Dilansir dari GSM Arena, Kamis (13/1/2022), OS versi beta 2 Android 12L tersebut menyajikan sejumlah perbaikan pada bug. Google pun turut mengubah ukuran ikon supaya presisi dengan ukuran layar.

Android 12L beta 2 sendiri, menghadirkan API level 32 agar pengembang dapat merancang aplikasi mereka supaya bisa digunakan di OS terbaru ini.

Diketahui, OS tersebut beroperasi mulai dari ponsel Google Pixel 3a (XL) hingga ke model terkini, kecuali Pixel 6 dan Pixel 6 Pro.

Menurut informasi yang beredar, OS Android 12L merupakan siklus pertengahan untuk mengoptimalkan Android di berbagai gawai, terutama agar dapat mengikuti perkembangan tablet dan ponsel lipat.

Selain itu, Android 12L juga dirancang untuk ChromeOS dan gawai 2-in-1. Namun, belum diketahui kapan Google akan merilis Android 12L secara global.

Rencananya, Google bakal merilis Android 13 yang dikatakan bernama Android Tiramisu, pasca menuntaskan Android 12L.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS