GoTo Financial Resmi Luncurkan Aplikasi Gopay

Yunike Purnama - Rabu, 26 Juli 2023 16:39
GoTo Financial Resmi Luncurkan Aplikasi Gopay GoTo Financial meluncurkan aplikasi Gopay tersendiri untuk memperluas inklusi keuangan tidak hanya di wilayah tier 1 saja. (sumber: TrenAsia/Idham Nur Indrajaya)

JAKARTA - GoTo Financial meluncurkan aplikasi Gopay tersendiri untuk memperluas inklusi keuangan tidak hanya di wilayah tier 1 saja. 

Sebagaimana diketahui, sebelumnya Gopay adalah salah satu fitur yang bisa diakses melalui aplikasi Gojek atau Tokopedia. Kini Gopay sudah memiliki aplikasi sendiri untuk mempermudah akses keuangan bagi masyarakat, termasuk untuk yang belum terjangkau layanan perbankan. 

Langkah ini merupakan inisiatif GoTo Financial sebagai bagian dari PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk yang melihat bahwa masih banyak masyarakat yang aksesnya terbatas terhadap aplikasi Gojek atau Tokopedia. 

President Unit Bisnis Financial Technology GoTo Hans Patuwo mengatakan, sekitar 200 juta dari penduduk Indonesia belum menggunakan aplikasi dari grup GoTo. Sementara itu, masih banyak masyarakat Indonesia yang masih dikategorikan sebagai underbanked. 

"Kami ingin mendorong inklusivitas keuangan. Menurut Bank Indonesia (BI), ada 90 juta penduduk yang termasuk underbanked dan memberikan solusi yang tepat," kata Hans dalam konferensi pers peluncuran aplikasi Gopay di Jakarta, Rabu, 26 Juli 2023. 

Untuk memperluas akses keuangan melalui Gopay, aplikasi yang sudah memulai uji coba sejak April lalu ini dirancang dengan ukuran yang ringan, yakni hanya 25 MB. Aplikasi ini lebih kecil dari aplikasi Gojek dan Tokopedia yang masing-masing memiliki ukuran 71 MB dan 41 MB untuk pengunduhannya. 

Hans pun menuturkan bahwa aplikasi ini dibuat dengan desain yang ringkas dan sehingga memungkinkan adaptasi yang lebih mudah bagi penggunanya. 

Fitur Aplikasi Gopay

Beberapa fitur yang ditawarkan aplikasi Gopay sebagai berikut.

1. Gratis transfer ke mana saja hingga 100 kali perbulan, termasuk untuk antar-akun Gopay, dari Gopay ke rekening bank, dan dari rekening bank ke rekening bank lainnya. 

2. Pengguna dapat membeli pulsa dan paket data dengan harga yang lebih ramah di kantong serta biaya administrasi yang minim untuk pembayaran tagihan BPJS, PLN, dan lainnya. 

3. Fitur laporan keuangan yang dapat memberikan gambaran pengeluaran pengguna untuk mempermudah pengaturan finansial. 

4. Lima langkah keamanan untuk memastikan perlindungan berlapis bagi akun pengguna. 

"Ini babak baru dari perjalanan Gopay dan memberikan dukungan bukan hanya untuk GoTo, tetapi juga untuk pengguna," kata Hans. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS