Fitur Baru iPhone, Terjemahkan Simbol Pada Label Pakaian

Yunike Purnama - Rabu, 17 Januari 2024 05:54
Fitur Baru iPhone, Terjemahkan Simbol Pada Label PakaianPonsel cerdas milik Apple, iPhone ternyata memiliki fitur bawaan yang dapat menerjemahkan simbol-simbol untuk pencucian pakaian. Simbol-simbol ini biasanya ada pada label pakaian. (sumber: Ist)

AS - Ponsel cerdas milik Apple, iPhone ternyata memiliki fitur bawaan yang dapat menerjemahkan simbol-simbol untuk pencucian pakaian. Simbol-simbol ini biasanya ada pada label pakaian. 

Dikutip dari Insider, fitur ini pertama kali diperhatikan oleh banyak orang pada tahun 2023 yaitu sebelum iOS terbaru diluncurkan ke publik pada bulan September. Fitur ini sudah ada pada kamera bawaan, jadi Anda tidak perlu menginstal aplikasi pihak ketiga lagi. 

Cara menggunakannya pun terhitung mudah pengguna hanya perlu mengambil foto label pakaian tersebut dan akan muncul saran “Lihat Petunjuk Perawatan Pencucian”.

Fitur yang tak banyak diketahui orang ini mulai diperhatikan dan digunakan setelah ramainya video TikTok yang diunggah pengguna Aleisa Mora melalui akun @wtfalesia.

Dalam video tersebut Mora menunjukkan cara kerja fitur ini. Berdasarkan penelusuran TrenAsia.com, video berdurasi 1 menit tersebut telah disukai 461 ribu orang.

"Saya suka hidup di masa depan," tulis Mora sebagai keterangan video yang diungganya. 

“Anda dapat memotret pakaian Anda dan jika Anda memiliki iPhone, ponsel Anda akan memberi tahu Anda cara merawat pakaian ini dan ini bukan sebuah aplikasi, melainkan hanya kamera bawaan,” ucap Mora di awal pakaiannya. 

Cara Mengetahui Simbol-simbol di Label Pakaian Menggunakan Kamera iPhone

1. Ambil Pakaian Anda 

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah mengambil pakaian yang membuat Anda bingung bagaimana cara pencucian dan perawatannya. Anda bisa mencoba dengan sweater yang sulit dicuci.

2. Ambil Foto Labelnya 

TikTok / @wtfaleisa

Selanjutnya, ambil foto label dengan simbol-simbol perawatan pencucian. Label ini biasanya memiliki lima simbol pencucian yang berbeda.

Meskipun terkadang dalam beberapa kasus label pakaian ini mencantumkan petunjuk pencucian yang jelas di bagian bawahnya, namun tidak semua pakaian memilikinya. Atau terkadang ada saja label-label dengan bahasa yang kurang Anda pahami. 

3. Buka Gambar di Perpustakan Foto Anda 

TikTok / @wtfaleisa

Setelah selesai, buka gambar di perpustakaan foto Anda, dan klik simbol informasi yaitu huruf "i" kecil yang ada di bagian tengah bawah. 

4. Klik "Look Up Laundry Care."

TikTok / @wtfaleisa

Layar akan meminta Anda untuk "mencari petunjuk perawatan pencucian." Lihat hasilnya. Fitur ini akan menerjemahkan semua simbol.

Hasilnya seharusnya memberi Anda semua simbol pencucian yang tercantum pada label pakaian, plus arti dari masing-masing simbol tersebut.(*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS